5 Pekerjaan untuk Lulusan SMA agar Mendapatkan Banyak Uang
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar orang tidak beruntung karena tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Mereka harus mencari pekerjaan untuk lulusan SMA agar bisa mendapatkan uang. Apalagi jika orang itu tulang punggung keluarga, tentu perlu pekerjaan yang sangat layak.

Di era modern ini, banyak pekerjaan yang bisa dijalani. Sehingga orang-orang yang hanya berbekal ijazah SMA masih bisa mendapatkan pekerjaan.

Beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA akan kami bahas pada artikel kali ini. Hal ini untuk mengurangi pengangguran di Indonesia dan meningkatkan minat kerja anak-anak yang hanya bisa mengandalkan ijazah SMA saja.

Bagi kamu yang merupakan anak lulusan SMA dan sedang mencari pekerjaan, maka beberapa pekerjaan untuk lulusan SMA ini cocok untuk dijajal. Khususnya oleh orang yang memiliki mental kuat. Sebab dengan mental yang kuat, kita bisa bekerja apa saja meskipun dibawah tekanan. Dengan cara tersebut maka kesuksesan akan lekas datang.

Nah, pada artikel kali ini kami tertarik untuk membahas 5 pekerjaan yang cocok untuk para lulusan SMA. Bahkan beberapa di antaranya membuka bisnis dengan modal kecil-kecilan.

Lantas apakah kamu tertarik untuk mengikuti artikel kali ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi terkait pekerjaan? Berikut ulasan selengkapnya!

Berikut Ini 5 Pekerjaan untuk Lulusan SMA:

1. Menjual es capcin

Capcin atau singkatan dari cappucino cincau kini bisa menjadi ladang penghasilan. Kamu bisa menjadikan cincau sebagai bisnis yang mampu menghasilkan uang banyak. Pekerjaan untuk lulusan SMA yang satu ini tidak memerlukan modal yang sangat besar. Sehingga cocok bagi kamu yang baru saja lulus bangku Sekolah Menengah Atas.

Kamu bisa menjual es capcin dengan harga 5-7k untuk satu gelasnya. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa memiliki pendapatan separuh harga dari jumlah penjualan. Usaha kecil-kecilan ini tidak boleh diremehkan, sebab bisa membantu kamu dalam masalah perekonomian. Apalagi jika kamu menanggung beban ekonomi keluarga.

2. Karyawan toko

Di kota besar seperti Jakarta, banyak sekali pekerjaan untuk lulusan SMA. Salah satunya yaitu menjaga toko milik perorangan. Untuk bisa bekerja menjadi karyawan toko tentu tidak memerlukan tingkatan ijazah terakhir, melainkan membutuhkan kejujuran. Kamu akan dapat uang yang cukup banyak dengan menjaga toko di Jakarta.

Saat ini banyak sekali orang yang mencoba peruntungan dengan membuka toko di Jakarta. Pada umumnya mereka menggunakan dua karyawan dengan pembagian waktu bekerja yang rata. Sebab rata-rata toko di Jakarta buka selama 24 jam. Jadi itu dia pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan modal ijazah SMA.

3. Menjadi ojek online

Perkembangan teknologi kini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, salah satu contohnya yaitu menjadi ojek online grab. Pekerjaan untuk lulusan SMA yang satu ini sangat cocok bagi para remaja yang suka keliling dengan menggunakan motor. Pekerjaan menjadi ojek online tentu cocok bagi karakter orang yang suka jalan.

Untuk menjadi Mitra grab, kamu harus tahu beberapa persyaratannya. Semua syarat daftar grab harus kamu kuasai semuanya. Setelah memenuhi persyaratan maka kamu bisa mendaftar menjadi grab. Apabila diterima, maka kamu harus bekerja dengan sesuka hati. Jadi itu dia pekerjaan yang sangat cocok bagi para lulusan SMA.

Setelah membaca semua syarat dan ketentuannya, Anda bisa langsung mendaftar menjadi mitra GRAB melalui link berikut daftar Mitra Grab.

4. Karyawan konter pulsa

Di era modern, setiap orang yang beralih membuka bisnis konter pulsa, kini bisa menjual berbagai aksesoris HP. Banyak sekali aksesoris mulai dari silikon, anti gores, kalung dan lain semacamnya. Nah, salah satu pekerjaan untuk lulusan SMA yaitu bisa menjadi karyawan konter pulsa. Keuntungan yang didapat bisa mencapai angka tinggi.

Apalagi saat ini adanya smartphone menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang. Sebut saja paket kuota internet yang harus dimiliki oleh setiap orang modern saat ini. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuangan besar dari karyawan konter pulsa sangat terbuka. Lantas apakah kamu tertarik untuk menjadi karyawan kantor pusat?

5. Membuat kerajinan tangan

Salah satu pekerjaan untuk lulusan SMA yang sangat menjanjikan yaitu membuat kerajinan tangan. Setiap orang memiliki kreativitas sendiri yang berbeda dengan orang lain. Apabila kamu merupakan orang yang memiliki kreativitas tinggi, maka bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Salah satunya yaitu membuat kerajinan.

Beberapa di antaranya yaitu membuat kerajinan lampion dengan memanfaatkan adanya stik es krim. Atau kamu bisa menggunakan bahan dasar akrilik dan sebilah kayu. Setiap kerajinan yang kamu buat akan dihargai oleh para konsumen. Sehingga kamu akan mendapatkan banyak uang dari hasil kerajinan tersebut.

Namun masalahnya tidak semua orang memiliki kreativitas tinggi untuk membuat kerajinan tangan. Sehingga pekerjaan untuk lulusan SMA yang menjanjikan ini tidak dapat terealisasi. Namun apabila kamu memiliki modal yang sangat besar, maka bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuat kerajinan.

Kamu hanya menjadi tempat produksi namun menggunakan jasa orang lain untuk kerajinan tangan tersebut. Apabila ini berjalan sukses, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan yang jauh lebih besar lagi. Sehingga nasib orang-orang yang tidak bisa kuliah, masih bisa tertawa lepas dengan pekerjaan yang kamu sediakan.

Tidak semua orang paham bagaimana cara mencari pekerjaan untuk lulusan SMA. Manakah pekerjaan yang cocok untuk kamu coba saat ini?