Apa Itu Brand Identity? Ini Penjelasan dan Juga Manfaatnya Buat Anda
Apa Itu Brand Identity (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sama seperti identitas pribadi Anda yang menjadikan Anda unik, brand identitiy atau identitas merek Anda adalah saus khusus untuk bisnis Anda yang membedakan Anda dari setiap Tom, Dick, dan Harry, Inc. Dan desain identitas merek Anda? Itu yang membentuk perusahaan Anda. Lalu apa itu brand identity?

Apa Itu Brand Identity? 

Seperti yang ditanyakan di atas sola apa itu brand identity, Apa hubungannya dengan desain? Dan bagaimana Anda membentuk identitas merek yang kuat yang membawa bisnis Anda ke level selanjutnya?

Untuk menyelami lebih dalam apa itu identitas merek, baca terus! Untuk mempelajari cara membuat identitas merek yang hebat untuk bisnis Anda, lihat video di bawah ini.

Kami akan memulai dengan definisi. Apa arti brand identity merek?

Brand identity adalah kumpulan dari semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat kepada konsumennya. Identitas merek berbeda dari "citra merek" dan "merek", meskipun istilah ini terkadang dianggap dapat dipertukarkan.

Istilah branding mengacu pada praktik pemasaran yang secara aktif membentuk merek yang berbeda. Merek adalah persepsi perusahaan di mata dunia.

Mengapa identitas merek penting?

Logo Nike salah satu contoh Brand Identity (Unsplash)
Logo Nike salah satu contoh Brand Identity (Unsplash)

Anda tidak perlu memiliki pangsa pasar yang besar dan basis pelanggan yang besar seperti merek mapan lainnya. Namun, memiliki identitas merek yang kuat sangat penting jika Anda ingin menerima manfaat seperti loyalitas pelanggan, pengenalan merek, kepercayaan pelanggan, dan pertumbuhan yang konstan. Ini membantu mewakili nilai dan kepribadian merek Anda dan menyampaikan pesan yang konsisten di semua saluran pemasaran.

Pasar yang semakin kompetitif membuat merek tampil dengan sesuatu yang baru untuk menonjol. Dengan menciptakan identitas yang kuat untuk perusahaan Anda, Anda akan dapat menemukan posisi yang sesuai untuk merek Anda dan membuat desain unik yang akan dikenali orang. Hasilnya, Anda akan meningkatkan kesadaran merek Anda.

Manfaat Brand Identity

Memiliki identitas merek yang kuat sangat diperlukan untuk memiliki bisnis yang sukses. Identitas merek yang kuat membantu bisnis dalam banyak hal. Berikut adalah beberapa cara di mana memiliki identitas merek dapat membantu Anda dalam jangka panjang. Berikut beberapa manfaat dari Brand Identity.

Membantu mempengaruhi pelanggan

Memiliki nama merek membantu mempengaruhi pelanggan. Bahkan pelanggan yang berdedikasi dari pesaing Anda saat mendengar ulasan positif tentang produk Anda mungkin cenderung ke arah produk Anda dan mencobanya jika Anda memiliki nama merek yang bagus. Dalam beberapa kasus, ini bertindak sebagai opsi pengganti untuk produk asli.

Sebagai contoh, Mari kita pertimbangkan bahwa Anda berencana untuk menyesap Coke dan Anda tidak dapat menemukannya. Jika Anda diberikan dua alternatif, yaitu Pepsi dan produk yang tidak dikenal. Mayoritas orang akan memilih Pepsi karena merupakan merek yang memiliki reputasi baik dan telah menciptakan nama untuk dirinya sendiri. Bahkan pengguna yang tidak memiliki informasi tentang kualitas Pepsi akan memilih yang sama karena mereka memiliki gagasan bahwa ini sangat mirip.

Membantu memperluas bisnis

Nama merek juga membantu dalam memperluas bisnis. Setiap pebisnis ingin mengembangkan usahanya dan ingin menjangkau banyak orang. Merek membantu Anda mencapai tujuan ini karena menggunakan ini membantu Anda menjangkau banyak orang. Sejumlah bisnis besar dan kecil lainnya ingin menjadi bagian dari bisnis Anda.

Ini dapat membantu Anda memperluas jangkauan ke berbagai area. Ini semakin meningkatkan penjualan Anda dan memberikan keuntungan besar. McDonald's telah mampu membuka rantai mereka di berbagai belahan dunia. Tidak hanya itu, mereka juga membayar sejumlah biaya dan mengatur lokasi untuk hal yang sama.

Ciptakan loyalitas pelanggan

Salah satu hal yang paling dicari saat ini adalah loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan dianggap jauh lebih baik daripada kepuasan pelanggan. Karena dengan kepuasan pelanggan, sangat kecil kemungkinan mereka akan kembali. Namun, jika pelanggan setia kepada Anda, yakinlah bahwa mereka akan mendatangi Anda lagi dan lagi.

Jika Anda hanya berfokus pada kepuasan pelanggan, Anda perlu fokus pada sensitivitas harga dan promosi yang kompetitif. Dalam hal ini, Anda juga harus berinvestasi dalam pemasaran. Sedangkan jika Anda fokus pada loyalitas pelanggan dan dapat mencapai impian tersebut, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Anda kemudian perlu menghabiskan lebih sedikit untuk pemasaran. Memiliki loyalitas pelanggan yang baik membantu Anda menjangkau orang-orang dengan lebih baik dari mulut ke mulut yang bertindak sebagai bentuk iklan terbaik.

Peningkatan penjualan

Dengan peningkatan nama merek, penjualan meningkat pesat karena semakin banyak pengguna yang mengetahui dan percaya pada layanan yang diberikan oleh organisasi. Bersamaan dengan itu, ini juga membantu menjangkau banyak orang sehingga mengarah pada peningkatan jumlah penjualan. Ini membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dan membantu pertumbuhan lebih lanjut.

Perlindungan dari pesaing

Sebuah merek mendapatkan preferensi yang lebih baik di mata pengguna. Meskipun produk peniru serupa tersedia dengan harga lebih murah, pembeli cenderung membeli produk dari merek pilihan mereka. Ini membantu dalam memberi Anda perlindungan dari pesaing.

Menciptakan identitas yang lebih besar dari orangnya

Merek membantu Anda menjangkau banyak orang dan selalu lebih besar dari identitas seseorang. Mari kita ambil contoh Facebook dan Mark Zuckerberg. Keduanya cukup populer. Tetapi bahkan pengguna atau bukan pengguna Facebook biasa tahu tentang Facebook meskipun mereka mungkin tidak tahu siapa pendirinya. Hanya sedikit pengguna khusus yang tahu tentang Mark Zuckerberg.

Identitas dan popularitas yang sama juga dapat dikaitkan dengan Facebook. Karenanya merek membantu Anda menciptakan identitas yang lebih besar daripada orang tersebut. Ini, pada gilirannya, memudahkan orang tersebut untuk diidentifikasi dengan merek.

Bantuan dalam memperkenalkan produk baru

Setiap bisnis di masa depan ingin memperluas bisnis mereka. Memiliki nama merek membantu Anda memperkenalkan produk baru. Bahkan produk baru yang Anda perkenalkan bisa mendapatkan popularitas karena dikaitkan dengan merek Anda dan orang-orang percaya bahwa layanan dan kualitas serupa akan diberikan.

Tidak hanya itu, Anda memiliki pengetahuan yang tepat tentang apa yang diharapkan pelanggan dari Anda. Ini, pada gilirannya, membantu Anda memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Anda. Misalnya. Apple setelah kesuksesan Mac meluncurkan iPod, iPad, dan iPhone yang membuat keajaiban di bidangnya masing-masing. Itu karena nama merek Apple dan kepercayaan orang-orang yang sama.

Meningkatkan nilai perusahaan

Dalam hal akun, merek perusahaan adalah aset tidak berwujud dan merupakan aset yang paling berharga. Perusahaan yang memiliki nama merek yang baik memiliki nilai lebih dari perusahaan sejenis dengan sumber daya yang sama yang tersedia di pembuangannya. Mari kita ambil kasus WhatsApp. Dalam hal ini, aplikasi serupa belum bisa mendapatkan jumlah akuisisi tersebut meskipun mereka memiliki sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak yang serupa. Itu karena nama merek WhatsApp.

Seperti yang telah kita ketahui manfaat memiliki nama merek yang kuat dan karenanya menyimpulkan bahwa itu menghasilkan pengembalian yang lebih baik. Sekarang muncul pertanyaan besar, bagaimana menciptakan nama merek yang kuat.

Jadi setelah mengetahui apa itu brand identity beretta manfaatnya, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!