Mengenal Perbedaan UBS dan Antam, Emak-emak Pilih Emas yang Mana?
Perbedaan UBS dan Antam (Foto: Dok. Antam)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Emas menjadi pilihan investasi banyak orang karena dinilai punya risiko yang rendah. Ada dua merek emas batangan yang umum diperdagangkan di pasar logam mulia di Indonesia. Kedua merek tersebut adalah UBS dan Antam. Meski sama-sama emas, tapi keduanya memiliki perbedaan. 

Namun masih banyak pecinta emas yang tidak tahu perbedaan UBS dan Antam. Ada beberapa aspek perbedaan emas antam dan UBS, mulai dari harga, ukuran, produsen, dan lainnya. Kedua merek ini sama-sama diminati oleh banyak orang. Namun sebagai pembeli emas, anda perlu tahu perbedaan keduanya. 

Perbedaan UBS dan Antam

Sebelum memutuskan membeli emas, pastikan anda tahu perbedaan UBS dan Antam terlebih dahulu. Berikut perbedaan dua merek emas batangan ini. 

Produsen

Antam merupakan merek logam mulia buatan PT Aneka Tambang Tbk. Pada awalnya perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun kini sahamnya telah dialihkan pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum sebagai anggota holding.

Sementara UBS adalah produk emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan swasta ini berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya yang membuat berbagai perhiasan emas. Perusahaan ini juga mempunyai brand perhiasan, yakni Starshine dan Venus.

Ukuran 

Antam mengeluarkan produk emas batangan dalam beberapa ukuran, yang terdiri dari ukuran o,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan hingga 1.000 gram atau 1 kilogram yang paling berat.

Sementara UBS mengeluarkan emas ukuran yang berbeda namun relatif terbatas. Emas batangan UBS terdiri dari ukuran 0,1 gram, 0,25 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. 

Sertifikat

Emas Antam dijual dilengkapi dengan sertifikat yang menyatu dengan kemasannya. Sertifikat emas Antam terlaminating dengan beberapa standar keamanan. Pemeriksaan keaslian emas ini dilakukan dengan memindai QR code yang terdapat dalam kemasannya. Pemindaian dilakukan dengan aplikasi certieye yang bisa diunduh di Google Play maupun Apps Store.

Emas Antam juga sudah bersertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga lebih mudah dijual di pasar negara manapun. Emas Antam versi lama juga masih tersedia di pasaran. emas lama ini memiliki sertifikat berupa hologram terpisah.

Sementara sertifikat emas UBS bersifat nasional yang diterbitkan sendiri oleh perusahaan. Emas UBB pecahan paling kecil sampai 4 gram dilengkapi dengan sertifikat berbentuk kertas. Dalam kertas tersebut terlaminasi emas menyerupai bentuk SIM card.

Emas UBS di atas 5 gram keluaran lama menggunakan sertifikat berbentuk kertas hologram yang terpisah dari emasnya. Emas versi ini bisa langsung dikeluarkan dari kemasan plastiknya sehingga bisa dipegang secara langsung.

Lokasi Pembelian

Emas Antam dapat dibeli langsung di Unit Bisnis Antam yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. PT Antam juga memiliki butik emas di berbagai kota, sehingga pembeli bisa langsung membeli emas batangan di sana. 

Sementara emas UBS tidak memiliki gerai penjualan khusus. Namun emas UBS dapat ditemukan dengan mudah di e-commerce, marketplace, dan berbagai platfom jual beli online. Pembelian di toko emas biasanya terbatas atau hanya stok tertentuk, baik emas UBS maupun Antam. Jadi lebih baik anda memesannya terlebih dahulu. 

Dimensi 

Terdapat perbedan dimensi antara emas Antam dengan UBS. Emas batangan Antam memiliki dimensi relatif lebih kecil dan tebal. Sementara UBS memiliki dimensi lebih lebar. Untuk kadar emasnya sendiri keduanya sama, yakni 99,99 persen.

Harga

Emas Antam memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan emas UBS. Harga emas secara lengkapnya bisa dicek melalui situs website resmi keduanya. Pada Februari 2022, harga emas 0.1 gram memiliki harga Rp134,900 ribu.

Sementara harga emas Antam per 24 Februari 2022 menunjukkan arga Rp92,758 ribu. Emas Antam memiliki harga yang lebih mahal karena produknya menguasai pasar logam mulia di Indonesia.

Itulah perbedaan UBS dan Antam sebagai produk emas batangan yang umum di pasar logam mulia Indonesia. Ada beberapa perbedaan dari keduanya mulai dari harga hingga dimensi. Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan dan preferensi anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.