Analisis Peluang Usaha Agar Makin Berkembang
Analisis Peluang Usaha (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda harus selalu mencari peluang usaha baru. Menemukan satu dapat membantu mengembangkan usaha kamu dan membawanya ke ketinggian baru. Namun, banyak usaha kamu tidak tahu bagaimana mencarinya. Panduan ini ada di sini untuk membantu Anda melakukan analisis peluang usaha.

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

Analisis peluang usaha adalah evaluasi menyeluruh tentang kemungkinan manfaat, pengembalian, dan risiko yang terkait dengan investasi potensial. Hal ini memungkinkan usaha kamu untuk membuat keputusan yang baik tentang apakah berinvestasi dalam proyek tersebut akan bermanfaat atau tidak dalam jangka panjang.

Analisis peluang usaha memperhitungkan semua data terkait seputar keputusan bisnis untuk berinvestasi dalam sumber daya dan keahlian tambahan untuk membantu kesuksesannya lebih lanjut.

Siapa yang harus melakukan analisis peluang usaha?

Peluang Usaha (Unsplash)

Analisis peluang usaha harus dilakukan oleh tim lintas fungsi yang terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam semua bagian proses uji tuntas.

Misalnya, tim pengembangan bisnis cenderung sangat terlibat dalam mengidentifikasi peluang yang mungkin mengarah pada penetrasi usaha baru atau peningkatan aliran pendapatan. Namun, tim juga harus mencakup anggota dari akuntansi dan keuangan. Jika proyek membutuhkan dana tambahan, orang-orang inilah yang dapat menentukan kelayakan untuk memperoleh dana tersebut.

Jika proyek masa depan diharapkan dibiayai menggunakan kas yang dihasilkan secara internal, anggota dari perbendaharaan atau manajemen risiko juga dapat menjadi bagian dari tim analisis.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan cara lain untuk meningkatkan omset sebelum melihat peluang baru, mungkin berinvestasi dalam aspek bisnis Anda yang sudah ada terlebih dahulu. Misalnya, hal-hal sederhana seperti mempelajari cara menjalankan webinar dapat membantu usaha kamu SaaS meningkatkan konversi secara signifikan.

Diimana melakukan analisis peluang usaha

Di bagian ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan analisis.

Identifikasi peluang potensial

Identifikasi proyek mana yang memiliki potensi keuntungan paling besar. Ini adalah investasi yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Pahami pelanggan

Lihatlah usaha dan basis pelanggan usaha kamu saat ini. Ini mungkin terutama berbasis online atau di media sosial atau mereka mungkin sering mengunjungi toko fisik Anda. Berapa banyak yang mereka habiskan? Jenis produk atau layanan apa yang mereka gunakan? Seperti apa persaingannya dan apa yang dapat Anda tawarkan yang tidak dimiliki pesaing Anda?

Riset pesaing

Cari tahu bagaimana pesaing menawarkan produk atau layanan serupa dengan yang Anda harapkan untuk ditawarkan. Bagaimana mereka menentukan harga produk mereka dan seberapa sering calon pelanggan membeli dari mereka? Informasi pesaing dapat memastikan usaha kamu Anda berfokus pada proyek yang paling menguntungkan.

Pertimbangkan faktor eksternal

Faktor eksternal seperti tren ekonomi dapat mempengaruhi kemampuan usaha kamu untuk melakukan investasi. Misalnya, penurunan ekonomi dapat mengurangi pengeluaran konsumen dan membatasi jumlah pelanggan potensial. Bisnis harus memeriksa industri atau peristiwa di seluruh usaha yang mungkin mempengaruhi perkiraan keuntungan, kebutuhan uang tunai, atau durasi proyek mereka.

Waspadai kekuatan internal

Kinerja internal usaha kamu Anda juga dapat memengaruhi analisis peluang usaha Anda. Misalnya, pergantian karyawan yang tinggi dapat berarti karyawan baru yang bertanggung jawab untuk proyek yang akan datang mungkin tidak memiliki banyak pengalaman dengan sumber daya dan proses Anda, sehingga meningkatkan risiko kegagalan. Kelemahan dalam sistem saat ini juga dapat meningkatkan biaya atau memperlambat proyek.

Ini contohnya. Jika usaha kamu menghabiskan terlalu banyak uang untuk peran admin, mereka mungkin ingin mempertimbangkan cara untuk mengotomatiskan tugas ini sebelum mencari peluang baru. Misalnya, mereka dapat mengotomatiskan peran resepsionis menggunakan kelompok berburu.

Apa itu kelompok berburu, katamu? Ini adalah layanan yang dapat mengalihkan panggilan ke beberapa saluran dari satu nomor, menghilangkan kebutuhan resepsionis untuk mentransfer atau meneruskan panggilan telepon. Ini berarti uang yang Anda hemat untuk mempekerjakan seseorang untuk peran ini dapat didedikasikan untuk mendanai peluang usaha baru.

Tentukan nilai peluangnya

Setelah Anda melakukan analisis peluang usaha, Anda akan dapat menentukan apakah suatu investasi akan menguntungkan atau tidak. Anda harus merinci manfaat dan risikonya. Semakin banyak detail yang Anda miliki, semakin baik informasi keputusan Anda.

Buat keputusan akhir

Apakah analisis Anda menunjukkan bahwa berinvestasi dalam sebuah proyek atau ekspansi layak dilakukan dan akan menghasilkan hasil yang positif? Jika demikian, selamat! Anda baru saja membuat keputusan yang cerdas.

Apa manfaat dari analisis peluang usaha?

Analisis peluang usaha membantu memastikan keputusan investasi didasarkan pada data yang akurat dan terkini. Ini juga membantu untuk mengidentifikasi potensi risiko sebelum melakukan. Ini mengurangi kemungkinan berinvestasi dalam proyek dan inisiatif yang tidak berhasil atau tidak menguntungkan.

Analisis peluang usaha membantu bisnis untuk:

Buat keputusan strategis jangka panjang yang lebih baik

Dengan menyadari kebutuhan pelanggan saat ini dan mengetahui usaha mana yang memiliki potensi terbesar untuk ekspansi, bisnis dapat memenuhi permintaan secara menguntungkan. Ini adalah strategi pemeriksaan masa depan yang penting.

Ciptakan keunggulan kompetitif yang kuat

Memahami peluang usaha dapat membantu usaha kamu membedakan produk mereka dari pesaing. Hal ini memungkinkan mereka untuk maju di usaha dengan menawarkan sesuatu yang unik.

Buat perubahan internal

Bisnis dapat menggunakan analisis peluang usaha untuk mengidentifikasi area di mana sumber daya mereka saat ini berlebihan atau kurang dimanfaatkan. Analisis dapat mengarahkan mereka untuk mengalokasikan kembali sumber daya internal, meningkatkan keberhasilan proyek secara keseluruhan. Analisis peluang usaha juga dapat membantu usaha kamu mengidentifikasi masalah dalam rantai pasokan. Mereka kemudian dapat menerapkan rencana untuk menyelesaikan masalah ini.

Identifikasi peluang bisnis baru

Analisis peluang usaha dapat membantu bisnis mengembangkan mindset berkembang. Informasi yang mereka temukan dapat mengarahkan mereka untuk menciptakan produk atau layanan inovatif yang memenuhi permintaan konsumen, meningkatkan pendapatan, dan meraih pangsa usaha yang lebih besar.

Evaluasi permintaan produk atau layanan

Analisis peluang usaha dapat membantu usaha kamu memutuskan apakah akan memperluas ke usaha baru atau tidak. Dengan mengetahui produk atau layanan mana yang paling diminati, mereka dapat membawanya ke usaha terlebih dahulu dan menangkap sebagian besar usaha tersebut. Misalnya, sebuah bisnis mungkin menyadari bahwa VoIP usaha kamu memiliki permintaan yang jauh lebih tinggi daripada sistem telepon tradisional.

Garis besar potensi risiko

Analisis membantu bisnis mengidentifikasi kemungkinan masalah dan risiko sebelum mereka berinvestasi. Hal ini memungkinkan mereka untuk merencanakan potensi kemunduran dan hanya berinvestasi dalam proyek yang bermanfaat.

prioritas strategi pemasaran potensial

Analisis peluang usaha dapat membantu usaha kamu mengidentifikasi mana strategi yang akan digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka juga, berdasarkan permintaan usaha yang berbeda. Misalnya, mereka dapat mencoba saluran pemasaran yang saat ini kurang dimanfaatkan di sektor tertentu tetapi populer di sektor lain. Ini mendukung mereka untuk berekspansi ke usaha sasaran dengan lebih cepat dan efisien.

Setelah mengetahui analisis peluang usaha, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!