Bagikan:

JAKARTA - Bila mendengar nama Ducati pasti yang terlintas di benak kalian adalah motor untuk balapan karena memang kalian sering melihat kendaraan tersebut pada pertandingan balap. Namun merek ini juga menjual motornya di pasaran dan salah satunya yaitu Ducati Monster 2022.

Untuk rentang waktu 2021-2022 motor ini memiliki 7 varian yang di mana Harga Ducati Monster 2022 kisaran Rp359 juta sampai Rp550 jutaan. Untuk varian entry levelnya yaitu Ducati Monster 797 mulai harga Rp359 jutaan, sedangkan variasi tertingginya Ducati Monster 1200 Standar bisa dimiliki mulai dari Rp550 jutaan.

Desain

Untuk segi desain tidak memiliki banyak perubahan dari desain terdahulunya dan masih menyematkan desain khas dari Ducati Series Ducati Monster 797 memang dikhususkan untuk moge premium entry model dengan slogannya “Style, Sophistication, and Performance”.

Bagian bodynya terkesan kokoh dan besar, untuk headlampnya sudah menggunakan lampu dengan teknologi LED berkonsep memukau. Bagian jok menyatu antara pengemudi dengan penumpang dengan desain meninggi serta agak meruncing pada bagian belakangnya. Motor ini memiliki lampu hazard yang mampu diaktifkan menggunakan tombol penunjuk.

Pengendaraan dan Handling

Suspensinya terdiri dari peredam kejut mono serta garpu depan 43mm terbalik. Untuk treble garpu depannya memiliki ukuran 130 mm dengan banyak pergerakan, ini tentunya akan membantu mengatasi guncangan yang terjadi diakibatkan kondisi jalan dan juga memberikan rasa stabil di bodi kendaraan.

Shock bagian belakang terhubung secara langsung ke lengan ayun sisi kiri dan rangka. Preloadernya mampu diatur menggunakan mekanisme penyetelan pegas serta redaman. Pergerakannya tergolong tingkat tinggi serta menghasilkan traksi dengan cara terus mendorong pada bagian belakang menuju ke permukaan jalan.

Mesin dan BBM

Mesin yang disematkan pada Ducati Monster 797 yaitu mesin dengan kapasitas 803 cc di dalam model Scramble lebih besar. Mesin tersebut sudah lama ada dan juga untuk kemampuan dalam keandalannya sudah terbukti.

Untuk beberapa fitur penting yang berasal pada model tahun pertama seperti rem depan ganda ABS, ban Pirelli, dan garpu Kayaba gemuk. Saat mesin dinyalakan maka akan terdengar suara dengan nada yang cukup sedang serta tebal.

Pemasangan throttle akan memberikan kekuatan meninju yang tergolong khas akan datang. Rotasi mesin secara cepat melonjak sampai 7500 rpm selama 5500 rpm, serta kecepatannya dipasangkan ringan.

Mesin handal dari Ducati ini sudah memiliki L-Twin Cylinder 2 Desmodromically sebagai teknologinya dengan pendingin Liquid Cooled. Tidak hanya menggunakan sistem injeksi saja, namun juga terdapat teknologi Electronic Fuel Injection System dan 50mm throttle bodies. Sehingga bisa memberikan tenaga besar namun tetap irit bahan bakar.

Pengereman dan Keamanan

Rem ABS dari Bosch telah digunakan serta kaliper monoblock Brembo 3 piston dan juga cakram ganda 320 mm yang mampu ditransmisikan dengan mempergunakan tuas. Pengendara bisa merasakan umpan rem yang lincah serta mampu dioperasikan dengan tajam sehingga akan sangat membantu untuk meningkatkan teknik pengereman.

ABS mengintervensi pada paruh kedua pengereman serta tidak menampilkan respons heterogeny pada saat berfungsi. Tenaga pengereman handal, kalian mampu membuka throttle dengan percaya diri dan juga bisa dilakukan pencegahan pada ban terselip. Larinya juga mampu ditahan dengan maksimal guna menunjang keselamatan saat berkendara untuk menghindari kecelakaan.

Berbicara mengenai harga tergolong mahal dan melebihi harga kendaraan roda empat di Indonesia. Hal ini karena termasuk dalam kategori moge premium sehingga sudah pasti terbuat dari berbagai macam material berkualitas.