Dubes Okto Dorinus Berharap Penerbangan dari Kupang ke Dili Kembali Dibuka
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Duta besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik mengharapkan agar rute penerbangan Internasional Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)-Dili Timor Leste kembali dibuka.

"Kita berharap agar penerbangan dari Kupang ke Dili pulang pergi dibuka kembali sehingga aktivitas perekonomian di pulau Timor ini bisa berkembang," katanya dari Dili, Timor Leste, dikutip dari Antara, Jumat 1 Juli.

Ia mengatakan bahwa rute penerbangan dari Kupang ke Dili dan sebaliknya itu pada saat sebelum pandemi COVID-19 sempat beroperasi. Pada saat itu maskapai penerbangan Trans Nusa lah yang melayani rute penerbangan itu, dan berjalan lancar.

Namun karena pandemi, maskapai tersebut kemudian menghentikan rute penerbangan itu akibat tak adanya penumpang dari kedua negara itu mau bepergian.

"Kita berharap agar Citilink bisa membuka rute penerbangan itu, karena saat ini juga Citilink sudah membuka rute penerbangan dari Denpasar ke Dili," tambah dia.

Otoritas bandara Timor Leste Jose de Oliveira Leong juga menyampaikan bahwa sudah ada pembicaraan lagi soal pembukaan rute penerbangan Kupang - Dili.

"Tetapi masih dalam penjajakan. Kita lihat lagi beberapa waktu ke depan," tambah dia.

Namun ia juga mengharapkan rute tersebut bisa dibuka kembali, karena banyak pengusaha di Timor Leste sering bepergian ke Kupang, begitu pula sebaliknya.