Daftar Harga Bumbu Dapur di Pasar Jayawijaya: Bawang Merah Naik Rp95 Ribu/Kg
Photo by ABHISHEK HAJARE on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Harga bawang merah di Kabupaten Jayawijaya, Papua naik menjadi Rp95 ribu per Kg. Padahal harga sebelumnya Rp70 ribu per Kg di sejumlah pasar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya Lukas Kossay di Wamena, mengatakan kenaikan itu tidak berlaku untuk bawang merah lokal yang masih ada di kisaran harga Rp50 ribu per kilogram.

"Bawang merah yang didatangkan dari Jayapura dari harga Rp70 ribu per kilogram naik menjadi Rp95 ribu per kilogram. Kenaikan yang terjadi disebabkan karena kekurangan pasokan dari Jayapura sehingga mempengaruhi harga dari distributor," kata Lukas Kossay, Rabu 29 Juni dikutip dari Antara.

Komoditas lain yang mengalami kenaikan harga adalah tomat dari Jayapura dari sebelumnya RP30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram.

Sementara untuk cabai tidak mengalami kenaikan harga. Masih menetap pada merah besar Rp100 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp80 ribu per kilogram, cabai rawit lokal Rp80 ribu per kilogram, cabai hijau besar Rp50 ribu per kilogram.

Harga bawang bawang putih Rp60 ribu, bawang bombay Rp60 ribu per kilogram.

Untuk komoditas telur, juga tidak mengalami kenaikan harga yaitu telur broiler Rp3 ribu per butir, ayam broiler produksi Papua Rp4 ribu per butir, ayam kampung lokal Rp7 ribu per butir, ayam Kampung Jayapura Rp5 ribu per butir.

Lukas mengatakan harga komoditas itu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan cuaca dan sementara stok kebutuhan masih mencukupi di pasaran Jayawijaya.