Bagikan:

JAKARTA - Komisi VII mendesak Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menyusun program kerja yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat banyak. Sebab anggaran Tahun 2022 harus dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, seperti penyediaan akses air bersih di sejumlah wilayah yang kesulitan air.

Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto bilang, salah satu program yang dibutuhkan masyarakat adalah mitigasi bencana sehingga dirinya meminta Badan Geologi memperhatikan isu ini. Tak hanya itu,Sugeng juga mengemukakan isu akses terhadap air bersih yang belum dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Komisi VII DPR RI mendesak Kepala Badan Geologi untuk memprioritaskan program yang berkaitan langsung dengan masyarakat dan kegiatan mitigas bencana dari semua aspek di seluruh wilayah Indonesia dalam realisasi anggaran TA 2022 dan RAPBN TA 2023," ujarnya saat menutup rapat Komisi VII DPR RI dengan Badan Geologi, Balitbang ESDM, dan Sekjen ESDM, Selasa 7 Juni.

Selain itu, Sugeng juga menyebut, Badan Geologi perlu mencarikan solusi atau pun pengganti program bermanfaat lainnya seperti identifikasi air bersih dan kolaboirasi pemanfaatannya dengan teknologi tepat guna.

Seperti diketahui, banyak wilayah di kawasan Indonesia timur yang kesulitan mengakses air bersih, karena sebagain datarannya adalah karang. Butuh pengeboran air yang sangat dalam ke bawah muka tanah. Untuk itu, anggaran di Kementerian ESDM bisa dioptimalkan untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih sebagai sumber kehidupan.