Mulai 1 Juni, Penumpang Kereta Pangrango Bisa Naik dari Stasiun Bogor dan Paledang
Ilustrasi kereta api. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Penumpang kereta api (KA) Pangrango mulai Rabu 1 Juni bisa naik melalui Stasiun Bogor, Jawa Barat.

Dengan demikian, penumpang kini memiliki alternatif untuk menyesuaikan kebutuhan bisa naik dari Stasiun Bogor maupun Stasiun Bogor Paledang.

Meski demikian, penumpang yang telah memesan tiket melalui aplikasi KAI Access, agen, dan minimarket yang bisa menikmati layanan tersebut.

"Dengan demikian, calon penumpang KA Pangrango yang sudah membeli tiket melalui jalur online dan akan naik dari Kota Bogor kini memiliki alternatif dan kemudahan untuk menyesuaikan kebutuhan dapat naik dari Stasiun Bogor ataupun Stasiun Bogor Paledang," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dikutip dari Antara, Senin 30 Mei.

Eva mengatakan, pembelian tiket melalui jalur online seperti salah satunya Aplikasi KAI Access yang dapat di unduh melalui perangkat Android atau IOS sangat disarankan agar digunakan oleh calon penumpang.

Menurut dia, melalui pembelian jalur online calon penumpang tidak perlu lagi antre serta terhindar dari risiko kepadatan antrean loket yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Adapun jadwal keberangkatan KA Pangrango dari Stasiun Bogor yakni

berangkat 08.20 WIB tiba di Sukabumi 10.30 WIB, berangkat 14.20 WIB tiba di Sukabumi 16.30 WIB, berangkat 19.50 WIB tiba di Sukabumi 22.00 WIB.

Untuk rangkaian KA Pangrango, terdiri dari dua kereta eksekutif dan empat kereta ekonomi.

Penumpang dapat memesan tiket melalui Aplikasi KAI Access atau pembelian go show tiga jam sebelum jadwal keberangkatan di loket stasiun.

Tarif tiket KA Pangrango untuk kelas eksekutif Rp80.000 dan kelas ekonomi yakni Rp40.000.

"KA Pangrango juga melayani naik turun penumpang di sejumlah stasiun pemberhentian lainnya seperti, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat dan Sukabumi," ujarnya dikutip dari Antara, Senin 30 Mei.

Lebih lanjut, Eva menyampaikan, sejak mulai beroperasi kembali pada 10 April hingga 29 Mei 2022, KA Pangrango telah melayani sekitar 104.000 penumpang.

Perjalanan kereta Pangrango tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 57 tahun 2022. Di antaranya, vaksin minimal dosis pertama serta anak usia di bawah 6 tahun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Selain itu, pelanggan juga harus memakai masker tiga lapis sesuai standar, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Eva menegaskan, PT KAI Daop 1 Jakarta senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 pada moda transportasi kereta api.

"Komitmen untuk mewujudkan perjalanan kereta yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung," ucapnya.