Arus Balik Lebaran, 40.800 Penumpang Kereta Turun di Stasiun Daop 1 Jakarta: Terbanyak di Stasiun Pasar Senen
Kereta api. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia mencatat volume kedatangan penumpang yang akan turun di Daop 1 Jakarta pada hari ini mencapai 40.800 orang. Adapun rinciannya terbanyak turun di Stasiun Pasar Senen.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pembelian tiket KA Jarak Jauh dengan tujuan akhir Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Jatinegara, Cikampek dan Jakarta Kota.

"Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 40.800 penumpang yang akan turun di area Daop 1 Jakarta. Dari jumlah tersebut 14.800 kedatangan penumpang di Stasiun Gambir, 15.300 di Stasiun Pasar Senen, 3.900 di Stasiun Bekasi, 3.800 di Stasiun Jatinegara dan 3.000 lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek, dan Jakartakota," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Senin, 9 Mei.

Eva mengatakan Daop 1 Jakarta telah memastikan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan. Karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan.

"Penumpang yang datang juga dihimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta, pastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan tak bagasi tidak tertinggal," ucapnya.

Sementara itu, sebanyak 562.923 tiket terjual untuk keberangkatan periode 22 April sampai dengan 9 Mei. Tercatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April sampai 1 Mei 2022.

"Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen," jelasnya.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.