Harga Jual BBG untuk Transportasi Naik Jadi Rp4.500
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 82 Tahun 2022 tentang Harga Jual Bahan Bakar Gas (BBG) yang digunakan untuk transportasi.

Dalam aturan ini, Kementerian ESDM memberlakukan tarif Rp4.500 per liter setara premium (lsp) dari sebelumnya sebesar Rp3.100 per lsp.

Beleid ini juga menyatakan harga jual bahan bakar gas yang digunakan untuk transportasi adalah untuk bahan bakar gas berupa compressed naturan gas (CNG) yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor untuk transportasi jalan.

"Harga jual Bahan Bakar Gas yang digunakan untuk transportasi pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebesar Rp4.500 untuk tiap satu lsp termasuk pajak-pajak," tulis beleid yang ditandatangani Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 19 April 2022 ini.

Melalui ketentuan ini, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM terus melakukan monitoring dan pengawasan atas pelaksanaan penerapan harga jual BBG untuk transportasi.

Dengan berlakunya Kepmen ini, Kementerian ESDM mencabut Kepmen ESDM Nomor 2932 Tahun 2010 tentang harga jual BBG yang digunakan untuk transportasi di wilayah Jakarta.

"Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 Mei 2022," tutup beleid tersebut.