Kabar Baik dari Kementerian Keuangan, Masyarakat Bisa Pesan Sukuk SR016 Mulai Hari Ini Cukup Bermodal Rp1 Juta
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi meluncurkan sukuk ritel seri SR016. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tersebut sudah bisa mulai dipesan mulai hari ini (Jumat, 25 Februari) hingga 17 Maret 2022 pukul 10.00 WIB.

"SR016 dapat Anda beli melalui sistem elektronik yang dikenal dengan nama E-SBN. Anda dapat melakukan transaksi instrumen investasi ini kapanpun dan dimanapun selama masa penawaran," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman dikutip Antara, Jumat 25 Februari.

Masyarakat bisa memesan SR016 mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, dengan nilai nominal per unit Rp1 juta. Kupon yang ditawarkan oleh SR016 sebesar 4,95 persen.

Setelah minimum holding period berakhir, SR016 bisa diperdagangkan di pasar sekunder mulai 11 Juni 2022.

Luky mengatakan seluruh generasi dapat melakukan investasi di SR016, baik itu mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin menyisihkan uang jajannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, pekerja muda yang sedang belajar berinvestasi, atau orang tua yang sedang menyiapkan dana pensiun.

"Semua dapat memanfaatkan SR016 sebagai alternatif investasi," katanya.

Menurut dia, manfaat dari keuntungan investasi pada SR016 juga dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia dan semua generasi di masa yang akan datang demi Indonesia yang lebih baik.

Adapun hasil investasi dari sukuk negara antara lain difokuskan pada pembangunan sarana pendidikan yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.