Presiden Jokowi: Kita Patut Bersyukur Ada Kenaikan IHSG di 2021, di Atas Singapura, Malaysia, dan Filipina
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. BEI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan Indonesia patut bersyukur atas kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan jumlah investor. Hal tersebut disampaikan Presiden dalam acara Peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022 di Jakarta, Senin 3 Januari.

"Kita juga patut bersyukur tadi disampaikan Ketua OJK bahwa di bursa sekarang ini, ada kenaikan IHSG di 2021 dengan return 10,1 persen. Ini sebuah angka yang lumayan tinggi," ujar Presiden Jokowi, dikutip dari Antara.

Kepala Negara menyampaikan apabila dibandingkan dengan Filipina, Malaysia, dan Singapura, Indonesia masih yang teratas.

"Kita juga masih yang paling atas. Singapura di 9,8 (persen), Malaysia minus 3,7 (persen), Filipina minus 0,2 persen, kita di 10,1 persen," kata Presiden.

Presiden juga menyampaikan Indonesia patut bersyukur karena jumlah orang yang masuk ke bursa dan menjadi investor pasar modal naik sangat tinggi.

Pada tahun 2017 jumlah investor di bursa sebesar 1,1 juta, namun hari ini kata Presiden, berdasarkan laporan Ketua Otoritas Jasa Keuangan, telah mencapai 7,4 juta investor, utamanya investor-investor retail atau perorangan yang sebagian besar adalah anak muda milenial.

"Kita harapkan ini terus membesar dan akan memberikan dorongan kepada pertumbuhan ekonomi negara kita," jelasnya.