VIDEO: Kali Pertama, PON Pertandingkan Catur Kelas Veteran
DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Cabang olahraga catur pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mempertandingkan kelas veteran yang diikuti oleh atlet berusia di atas 60 tahun.

Ketua Panitia Penyelenggara cabang olahraga catur PON XX Papua, Sonny Ronal Ropa, menjelaskan pertandingan kelas veteran itu baru pertama kali dilakukan.

"Ada satu kategori yang ditambah, yaitu kelompok umur di atas 60 tahun. Memang tadinya di PON sebelumnya itu tidak dipertandingkan," kata Sonny Ronal Ropa di Ballroom Swiss-bellhotel Merauke, Senin dilansir Antara.

Sonny mengatakan cabang olahraga catur secara keseluruhan diikuti sebanyak 100 atlet dari 23 kontingen atau provinsi peserta yang akan memperebutkan 15 medali emas.

Dia mengatakan penyelenggaraan pertandingan catur pada masa pandemi COVID-19 mengikuti standar pelaksanaan Olimpiade dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Agak berbeda pertandingan ini dengan kemarin-kemarin. Kita memakai standar Olimpiade. Bertanding di masa pandemi COVID-19 memang agak ketat masuk ke ruangan. Pertama dari Satgas COVID-19 memeriksa seluruh kontingen atlet dan wasit wajib tes antigen," ujar Sonny.

Simak selengkapnya di video ini: