Bagikan:

JAKARTA – Menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-76, warga lereng Gunung Merbabu, Dukuh Beji, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah melakukan tradisi mencuci Bendera Merah Putih. Kegiatan itu dilakukan secara bersama-sama setiap bulan Agustus dalam rangka menjaga nasionalisme masyarakat.

"Hal ini, sudah menjadi tradisi warga Desa Sidomulyo setiap bulan Agustus digelar mencuci Bendera Merah Putih yang kemudian dipasang di jalan menjelang 17 Agustus dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)," kata Kepala Desa Sidomulyo, Muh Sawali, di Boyolali, mengutip Antara, Minggu 8 Agustus.

Namun, kata Sawali, kali ini jumlah masyarakat tidak banyak seperti tahun sebelumnya. Hal ini, masih kata Sawali, masyarakat mematuhi peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan.

Karena kondisi pandemi COVID-19, kegiatan ini hanya dihadiri 30 orang anggota karang taruna desa setempat dengan protokol kesehatan ketat.

"Tujuan kami adalah untuk menjaga jiwa nasionalis dari pada warga kami. Karena, tanggal 17 Agustus merupakan salah satu momentum spesial bagi Bangsa Indonesia," terang Sawali.

Masih kata Sawali, pada tahun ini pihaknya hanya mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di tingkat Desa. Sebelum terjadi pandemi, kegiatan upacara bendera biasanya diadakan di dukuh masing-masing.

"Kami untuk saat ini hanya mengadakan upacara bendera saja, dan itupun dengan protokol kesehatan. Dua tahun terakhir kami berhenti, tidak ada kegiatan 17-an," katanya.