PBB Terbitkan e-KTA, Yusril Ihza Mahendra: Permudah Proses Verifikasi Pemilu
DOK ANTARA/Yusril Ihza Mahendra

Bagikan:

JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) meluncurkan kartu tanda anggota elektronik atau e-KTA bagi kadernya. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan hal ini dilakukan untuk mempermudah evaluasi infrastruktur partai dan proses verifikasi di pemilihan umum (pemilu) mendatang.

"Jadi e-KTA ini untuk mempermudah melakukan evaluasi terhadap infrastruktur partai dan mempermudah untuk verifikasi di pemilu-pemilu selanjutnya," kata Yusril dalam keterangan tertulisnya, Senin, 21 Juni.

Adapun perbedaan antara KTA lama dan e-KTA ini adalah terdapatnya barcode sebagai identitas dengan teknologi baru di era digital. 

"Saya harap e-KTA ini bisa mengontrol kader di seluruh Indonesia. Jadi penyimpanan databasenya juga harus benar," ungkap pakar hukum tata negara ini.

Yusril mengungkap rasa terima kasihnya kepada kader DPW PBB Jawa Timur yang memprakarsa kartu anggota elektronik ini. Dirinya meminta tim IT agar sistem tersebut dicadangkan dengan baik agar tidak bisa diretas atau dibajak oleh pihak lain yang ingin menjatuhkan partainya.

Sementara itu, Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor mengatakan kehadiran e-KTA ini diharap bisa mempermudah anak muda dan calon kader untuk bergabung. Sebab, mereka yang ingin bergabung cukup mengunjungi situs siapbb.id.

"Ini merupakan terobosan Partai Bulan Bintang, semua era digital, punya KTA pun harus digital juga. Alhamdulillah hari ini Senin, 21 Juni ini kami meluncurkan e-KTA dan situs siapbb.id. Insyaallah PBB jaya di Pemilu 2024," ungkap Afriansyah melengkapi pernyataan Yusril.

Selain lewat situs, pendaftaran untuk mendapatkan e-KTA ini juga bisa dilakukan melalui pengurus partai yang sudah tersebar di DPW dan DPC. Afriansyah mengatakan kartu tanda anggota elektronik ini untuk menggantikan KTA lama yang tak memiliki barcode.

"Setelah launching ini akan ada pelatihan dari tim IT e-KTA kepada DPW dan DPC. Insyaallah bisa bermanfaat," pungkasnya.