Bagikan:

KALIMANTAN - Kebakaran hebat terjadi di Desa Tungkap, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Minggu, 13 Juni siang kemarin. Satu unit rumah yang ditinggal penghuninya untuk hajatan ludes dilalap api. 

"Saat terjadi kebakaran penghuni dari kedua rumah tersebut sedang pergi ke acara hajatan di kampung yang sama," ucap Kasi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada di Paringin dilansir Antara, Minggu petang. 

Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.23 WITA. Warga sekitar juga tengah bersantai menikmati hari libur. Dari data dan laporan yang didapat di lapangan, satu unit rumah warga yang dihuni oleh pasangan Tardi dan Norhikmah serta kedua anaknya terbakar habis. 

Sementara satu unit rumah milik pasangan Rizani dan Sawiyah serta ketiga anaknya terbakar kurang lebih lima persen. 

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Petugas, sambung Syuhada, terkendala akses jalan yang sempit untuk memadamkan api. 

"Alhamdulillah, sekitar pukul 12.10 WITA api sudah berhasil dikuasai, sehingga rumah warga di sekitar lokasi kebakaran aman," ujarnya.

Sementara untuk kendala lainnya yaitu semua bangunan dari rumah yang terbakar rata-rata terbuat dari kayu sehingga membuat api dengan cepat menjalar ke seluruh bagian rumah.

Sementara itu, Kapolsek Paringin AKP Eko Budi Mulyono membenarkan terkait adanya peristiwa kebakaran pada permukiman warga di Desa Tungkap Kecamatan Paringin Selatan.

“Infonya masuk kepada kami kurang lebih sekitar pukul 11.23 WITA, untuk hasil penyelidikan diduga diakibatkan adanya korsleting arus listrik," jelasnya.

Selanjutnya, jelas Eko, kemungkinan besar karena beban arus tidak sebanding maka menimbulkan panas dan memercikan api ke bagian atap rumah korban.