Berkontak dengan Orang Positif COVID-19, Wapres AS Enggan Isolasi Diri
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence (Foto: www.whitehouse.gov)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence tidak memiliki rencana melakukan isolasi mandiri. Padahal sekretaris persnya telah dinyatakan positif virus corona atau COVID-19 dan banyak beberapa kesempatan yang membuat mereka kontak langsung. Pence pun akan tetap melaksanakan tugas hariannya di Gedung Putih.  

Mike Pence mengatakan, lewat juru bicaranya Devin O'Malley, akan mengikuti saran dari Unit Medis Gedung Putih namun tidak dikarantina.

"Selain itu, Wakil Presiden Pence telah dites negatif setiap hari dan berencana untuk berada di Gedung Putih besok," kata O'Malley dalam pernyataannya.

Dilansir dari CNN, Senin 11 Mei, pengumuman itu muncul ketika Pemerintah AS terus mendesak pemimpin berbagai negara bagian di AS untuk mulai membuka kegiatan dan perekonomian mereka di tengah pandemi virus corona ke kalangan staf Gedung Putih. 

Para anggota utama gugus tugas COVID-19 telah melakukan isolasi mandiri setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terbukti positif COVID-19. 

Seorang pejabat mengatakan, ada sensitivitas ekstrem di dalam Gedung Putih saat ini. Para pejabat mengakui kontradiksi dalam memberitahu negara untuk membuka kembali sementara Gedung Putih meningkatkan protokol untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Pejabat itu juga mengatakan, jadwal Pence mungkin akan lebih sedikit dalam beberapa hari mendatang, tetapi dia tidak melakukan isolasi mandiri. 

Sekretaris pers Mike Pence, Katie Miller dinyatakan positif terkena virus corona. Presiden Trump mengatakan, Miller belum melakukan kontak dengannya tetapi mencatat bahwa dia telah melakukan kontak dengan Pence.

"Dia adalah wanita muda yang luar biasa, Katie, dia diuji dengan hasil sangat baik untuk jangka waktu yang lama dan kemudian tiba-tiba dia dinyatakan positif," kata Trump dalam pertemuan dengan anggota Kongres dari Partai Republik di Gedung Putih.

Berita tentang positifnya Miller terhadap COVID-19 membuat semua orang di Gedung Putih gelisah. Sumber itu mengatakan, Katie Miller kerap berkomunikasi secara langsung sehingga membuat banyak kontak langsung kepada banyak orang selama berhari-hari. 

Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular yang juga anggota gugus tugas COVID-19 AS mengatakan, dia akan memulai isolasi mandiri segera. Ia sebelumnya melakukan sedikit kontak dengan staf yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence (Foto: whitehouse.gov)

Komentar Trump

Trump menyatakan prihatin, staf Gedung Putih yang terjangkit virus corona menjadi kontradiksi dengan keterangannya yang menyatakan wabah COVID-19 semakin berkurang. 

Selain itu, Trump percaya bahwa ekonomi akan kembali seperti semula ketika para pemimpin negara bagian memutuskan untuk mencabut pembatasan kegiatan dan berhenti khawatir tanda-tanda virus itu muncul kembali.