Bagikan:

JAKARTA - Tim SAR Gabungan mengevakuasi enam imigran etnis Rohingya dari kapal yang mereka tumpangi di perairan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan.

"Enam imigran etnis Rohingya dievakuasi ke daratan karena sakit. Sedangkan yang lainnya masih di kapal motor," kata Koordinator Basarnas Pos Meulaboh Juanda di Aceh Selatan, mengutip Antara, Minggu, 20 Oktober 2024.

Setelah dievakuasi ke daratan, enam imigran etnis Rohingya tersebut dibawa menggunakan ambulans ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yuliddin Away di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan.

Juanda menyebutkan jumlah imigran Rohingya di atas kapal motor tersebut sebanyak 151 orang. Terdiri 79 wanita dewasa, 13 laki-laki dewasa serta anak-anak berusia di bawa 10 tahun sebanyak 59 orang.

"Enam orang yang dievakuasi tersebut dua di antaranya wanita dewasa, dua laki-laki desa, seorang anak, dan seorang wanita hamil. Evakuasi berjalan lancar tanpa kendala," kata Juanda.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Yuliddin Away Tapaktuan Ikram mengatakan enam imigran etnis Rohingya itu saat ini sedang menjalani pemeriksaan di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan tersebut.

"Keluhan mereka, di antaranya ada yang demam, batuk dan pilek. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap wanita Rohingya yang hamil tersebut. Kami belum tahu bagaimana kondisi mereka karena tim medis sedang memeriksanya," kata Ikram.

Jika nantinya imigran tersebut membutuhkan penanganan lebih lanjut seperti rawat ini, kata Ikram, pihaknya juga memberikan fasilitas rawat inap.

"Kami juga menyediakan ruangan khusus. Kamar mereka terpisah dengan pasien lainnya. Kami juga meminta bantuan pihak terkait, di antaranya Organisasi Internasional untuk Imigrasi atau IOM mendampingi mereka dan pihak keamanan menjaga keamanan pasien yang sedang dirawat," kata Ikram.