Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang mencatat peningkatan jumlah penumpang sebesar lima persen pada saat liburan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024.

Manager Humas Divre IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari dalam keterangan tertulisnya di Baturaja, Kabupaten OKU, Senin mengatakan bahwa selama masa liburan pada 13-16 September 2024 tercatat sebanyak 12.857 pelanggan melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api jarak jauh dari wilayah Divre IV Tanjungkarang.

Jumlah tersebut meningkat sebanyak 567 pelanggan atau 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada minggu pertama September 2024 yaitu hanya 12.290 pelanggan.

KAI Divre IV Tanjungkarang sendiri pada periode itu menyiapkan tiga perjalanan KA yaitu KA Rajabasa serta KA Kualastabas pagi dan siang sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan antisipasi peningkatan volume pelanggan yang ingin menikmati momen libur tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Zaki mengimbau seluruh pelanggan KA agar mematuhi seluruh peraturan dalam menggunakan transportasi kereta api.

Baik itu larangan merokok selama di atas rangkaian kereta, melebihi relasi tujuan dari yang tertera pada tiket, maupun mematuhi ketentuan barang bawaan.

Apabila kedapatan melanggar, petugas KAI akan dengan tegas memberikan sanksi pada pelanggan sesuai aturan perusahaan.

"Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali serta memberikan kenyamanan kepada seluruh pengguna jasa kereta api," ujarnya kepada Antara.