Bagikan:

MAKASSAR - Paskibraka asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Try Adyaksa S yang dipercaya jadi penggerek bendera saat upacara kemerdekaan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur dijanjikan akan mendapatkan beasiswa S1 hingga S3.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh setelah menyaksikan tayangan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara Nusantara melalui virtual dari Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur, bersama jajaran Forkopimda Sulsel, Sabtu kemarin.

Upacara tersebut berlangsung khidmat dan lancar. Salah satu momen yang penuh haru dan tepuk tangan saat Tim Nusantara Baru, nama yang disematkan didaulat untuk bertugas pada momen bersejarah tersebut berhasil menjalankan tugas.

Adapun bertugas sebagai pengerek bendera ialah Try Adyaksa S, Paskibraka perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Parepare. Saat ia disorot lengkap dengan logo Pemprov Sulsel di seragamnya.

"Ini kebanggaan putra terbaik kita di Paskibraka mendapat kehormatan sebagai penggerek bendera, selamat untuk Ananda mudah-mudahan lancar bertugas sampai dengan selesai," ujar Prof Zudan.

Sebelumnya, Try Adyaksa S dan Paskibraka Nasional Putri dari Sulsel Aghata Sapan Kallolangi dilepas oleh Pj gubernur di rumah jabatan gubernur Sulsel, Kamis, 11 Juli 2024.

Terkait apakah putra-putri terbaik Sulsel yang berprestasi tingkat nasional akan mendapat penghargaan atau reward, Prof Zudan menyampaikan bahwa semua yang berprestasi diberikan penghargaan di Sulsel, bahkan akan diberikan beasiswa.

Mereka yang berprestasi berpeluang mendapatkan beasiswa dari S1 hingga S3. Peraturan gubernurnya sudah disiapkan. Anggarannya dimulai di APBD 2024 disiapkan sampai dilanjutkan pada 2025.

"Ini untuk menghargai generasi muda kita yang memiliki prestasi nasional," pungkasnya.