Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta telah menerima usulan nama-nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk diusung di Pilkada 2024.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI tingkat kota/kabupaten masing-masing merekomendasikan 5-6 nama. Nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep masuk dalam usulan semua DPD PSI di Jakarta.

Terdapat juga nama-nama yang sebelumnya telah beredar dalam bursa cagub-cawagub Jakarta, mulai dari Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Tanpa terduga, pengurus PSI tingkat kabupaten/kota di Jakarta juga mengusulkan nama pesohor Deddy Corbuzier, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ketua DPW PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina menyebut, beragamnya nama yang diusulkan menunjukkan partainya membuka ruang yang bagi berbagai kalangan untuk berpartisipasi dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Kami sangat menghargai partisipasi aktif dari semua pengurus dan anggota PSI di setiap wilayah. Proses ini menunjukkan bahwa pengurus PSI di akar rumput memiliki kebebasan dalam berpendapat dan menyalurkan aspirasi politiknya," kata Elva dalam keterangannya, Selasa, 9 Juli.

Elva menuturkan, DPW PSI DKI Jakarta akan segera menggelar sidang pleno untuk memutuskan nama-nama final yang akan direkomendasikan dan kemudian mengirimkan rekomendasi tersebut kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI.

"Kami akan segera mengadakan sidang pleno di tingkat DPW untuk memutuskan nama-nama final yang akan direkomendasikan," urai Elva.

Sebagai informasi, DPD PSI di Jakarta telah menyelesaikan sidang pleno untuk memberikan rekomendasi nama-nama calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

Sidang pleno ini melibatkan pengurus dari tingkat kecamatan hingga kota, serta menyerap aspirasi dari akar rumput.

Rinciannya, DPD Jakarta Selatan mengusulkan nama-nama seperti August Hamonangan, Eriko Sotarduga, Fahira Idris, Kaesang Pangarep, Nurmansjah Lubis, dan Ridwan Kamil.

DPD PSI Kepulauan Seribu merekomendasikan Basuki Hadimuljono, Grace Natalie Louisa, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, dan Ridwan Kamil.

Di Jakarta Timur, nama-nama yang diusulkan meliputi Ahmad Sajili, H. Azran, Kaesang Pangarep, Luthfi Hakim, Putra Nababan, dan Ridwan Kamil.

DPD Jakarta Barat mengajukan Basuki Tjahaja Purnama, Deddy Corbuzier, Erick Thohir, Grace Natalie Louisa, Heru Budi Hartono, dan Kaesang Pangarep.

Pada DPD Jakarta Pusat, nama-nama yang direkomendasikan adalah Fajar Sidik, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, Prasetyo Edi Marsudi, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno.

Selanjutnya, DPD Jakarta Utara menyampaikan nama-nama seperti Grace Natalie Louisa, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, Nadiem Makarim, dan Ridwan Kamil.