Bagikan:

JAKARTA - Partai sayap kanan Prancis, National Rally (RN) memenangkan putaran pertama Pemilu Prancis 2024 pada Minggu 30 Juni waktu setempat.

Mengutip France24, Senin 1 Juli, partai pimpinan Marine Le Pen itu mengantongi raihan suara terbanyak dalam tiga dekade sejak digelarnya pemilu di negara Eropa Barat tersebut.

RN meraih kemenangan telak dengan pencapaian suara meroket dalam pemilihan legislatif jauh dari hasil koalisi partai pendukung Presiden Emmanuel Macron.

Berdasarkan hasil cepat perhitungan suara lembaga jajak pendapat Ipsos-Talan, Partai koalisi RN memperoleh 33,2 persen, mengungguli partai sayap kiri Front Populer Baru (NFP) dengan raihan 28,1 persen.

Sedangkan Aliansi Ensemble pimpinan Macron di posisi ketiga dengan perolehan 21 persen suara, diikuti kelompok konservatif Les Républicains dan mitranya dengan perolehan 10 persen.

Berdasarkan data tersebut, partai sayap kanan akan memperoleh 230-80 kursi di Majelis Nasional. Angka itu hanya selisih sedikit jika menang dengan mayoritas absolut sebanyak 289 kursi.

Raihan ini bukan kemenangan yang menentukan, lantaran putaran kedua pemungutan suara Pemilu Prancis 2024 bakal digelar lagi pada 7 Juli mendatang.