Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 10 rumah hangus akibat kebakaran di kawasan permukiman warga di Jalan Kampung Bali 6, RT 09/08 Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu.

Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Ahmad Syaiful menjelaskan, kebakaran diduga berasal dari salah satu atap rumah warga.

"Kejadian kebakaran menghanguskan sebanyak sepuluh rumah warga, tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka berat," kata Ahmad saat dikonfirmasi di Jakarta.

Total luas area yang terdampak kebakaran mencapai sekitar 500 meter persegi (m2) dan mengakibatkan sebanyak 19 kepala keluarga (KK) atau 50 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Dugaan kebakaran dipicu 'korsleting' listrik dari atap salah satu rumah yang merambat ke rumah lain di sekitar," ujar Ahmad.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, pihaknya menerima informasi kejadian kebakaran sekitar pukul 12.50 WIB. Informasi didapat dari seorang warga yang melapor ke "command center".

"Total kami kerahkan sebanyak 17 unit mobil pemadam dengan kekuatan sebanyak 51 petugas," kata Asri.

Asril menjelaskan, saat petugas pertama tiba di lokasi sekitar pukul 12.58 WIB, kondisi api sudah membesar dan merambat ke sejumlah bangunan. Setelah dilakukan penanganan selama sekitar 30 menit, kebakaran bisa dilokalisir sekitar pukul 13.36 WIB.

Sekitar pukul 13.48 WIB, proses pemadaman sudah memasuki pendinginan dan sekitar pukul 15.06 WIB, seluruh proses pemadaman dinyatakan selesai.