Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengapresiasi pelaksanaan Program Pelataran yang dilakukan ATR/BPN Pontianak yang berjalan dengan maksimal.

“Bisa kita lihat walaupun akhir pekan, Sabtu dan Minggu, Kantor ATR/BPN Pontianak tetap buka, karena kami memiliki Program Pelataran,” ujar AHY mengutip Antara.

AHY menjelaskan Program Pelataran adalah pelayanan pertanahan akhir pekan yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.

“Bagi masyarakat yang tidak bisa mengurus hal-hal terkait pertanahan pada hari kerja, bisa terbantu dengan Program Pelataran karena bisa diurus saat akhir pekan.” lanjutnya.

Pihaknya juga menjelaskan untuk Program Pelataran bisa langsung diakses di kantor ATR/BPN tanpa perantara.

“Masyarakat yang ingin mengurus administrasi pertanahan tinggal datang saja, tanpa perlu menggunakan perantara, kami pasti akan melayani dengan sepenuh hati,” ucap AHY.

AHY mengatakan bila terdapat praktik-praktik perantara dalam pengurusan tanah maka sudah pasti itu adalah calo.

“Kita sudah berikan akses untuk mempermudah masyarakat jika ada yang mengatasnamakan ini atau itu untuk menjadi perantara, apalagi meminta imbalan, maka sudah pasti itu calo.” ujar AHY.

Selain di kantor ATR/BPN, kata dia, Program Pelataran juga ditempatkan di titik-titik keramaian lainnya di Pontianak.

“Salah satunya ada di mall. Ini dilakukan agar masyarakat juga bisa semakin mudah mengakses Program Pelataran, makanya ada beberapa petugas yang dibuatkan posko di tempat keramaian tertentu,” kata AHY.

Di kesempatan yang sama Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson juga memberikan tanggapan mengenai Program Pelataran.

“Seperti yang sudah disampaikan Menteri ATR tadi, program ini sangat membantu masyarakat dan harapan saya ke depannya akan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh pegawai di Kantor ATR/BPN agar terus menjaga integritas dalam bekerja. “Saya harap pegawai-pegawai tetap semangat melayani masyarakat walaupun di akhir pekan,” ujarnya.