Bagikan:

JAKARTA - Gedung Putih menolak berkomentar apakah Presiden Joe Biden akan bertemu Benjamin Netanyahu. Rencananya, perdana menteri Israel tersebut bakal mengunjungi Washington bulan depan untuk berpidato di Kongres AS.

"Saya tidak punya apa-apa untuk diumumkan hari ini," kata penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan dalam sebuah wawancara dengan "Face the Nation" CBS, dikutip via Reuters, Minggu, 9 Juni. 

Sullivan menyebut komunikasi Biden-Netanyahu dilakukan secara teratur. 

"Dia datang untuk berpidato di Kongres. Presiden berbicara dengannya sepanjang waktu," kata Sullivan.

Netanyahu dijadwalkan berpidato di sidang gabungan Kongres pada 24 Juli. Biden telah menjadi pendukung setia Israel dalam perangnya dengan Hamas di Gaza, tetapi ada ketegangan antara kedua pria tersebut mengenai bagaimana Israel melakukan perang.

Biden, yang mencalonkan diri untuk pemilihan kembali pada November, telah menghadapi kritik atas dukungannya terhadap Israel dari basis politiknya yang berhaluan kiri ketika jumlah korban tewas Palestina meningkat dari serangan Israel.

Sullivan mengatakan dia berharap kesepakatan gencatan senjata dan penyanderaan akan terjadi pada saat Netanyahu datang ke Washington. Hamas hanya harus mengatakan " ya " terhadap proposal di atas meja, katanya.

Biden, yang kembali ke Amerika Serikat dari Prancis pada Minggu malam, menyambut baik penyelamatan empat sandera yang ditahan Hamas oleh pasukan Israel dan berjanji untuk tetap bekerja sampai semua sandera dibebaskan dan gencatan senjata tercapai.