Bagikan:

JAKARTA - Banjir dan tanah longsor menerjang Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Pada Sabtu, 25 Mei pukul 20.00 WIB, satu orang warga dinyatakan masih hilang akibat bencana tersebut.

"Dilaporkan sebanyak empat warga hanyut terbawa arus banjir, tiga diantaranya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dan satu warga masih dalam pencarian," kata Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu, 26 Mei.

Sebanyak delapan kecamatan terdampak bencana hidrometeorologi tersebut, di antaranya Talang Padang, Kota Agung Timur, Ulu Belu, Bandar Negeri Samuong, Air Naningan, Kota Agung Barat, Wonosobo, dan Semaka.

BNPB mencatat, 385 KK serta 385 unit rumah terdampak banjir dan longsor.

Dilaporkan juga, sebanyak 1.098 ha lahan persawahan dan perkebunan terdampak, satu jembatan putus dan tujuh titik longsoran menutup akses jalan.

Hari ini, banjir yang merendam sudah berangsur surut. Seluruh unsur terkait sudah melakukan assessmen data kerugian serta turun kelapangan untuk melakukan penanganan dan evakuasi warga terdampak.

"BNPB mengimbau kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tanggamus agar selalu waspada terhadap banjir dan tanah longsor susulan yang bisa saja terjadi," ucapnya.