Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat Ono Surono menyebut partainya hanya mengincar posisi calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. Mereka tak berambisi mengincar jabatan lebih tinggi karena tak pernah menang di sana sejak era reformasi.

"PDI Perjuangan tidak pernah memenangkan pilkada di Jawa Barat. Sehingga, kami sadar betul dan tentunya kami dengan sekarang ini peringkat keempat tentunya kami sadar bahwa kami agaknya tidak mungkin untuk mengincar nomor satu. Jadi kami PDI Perjuangan akan mengincar 02, di posisi wakil gubernurnya," kata Ono dalam konferensi pers di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Mei. 

Ono menyebut DPD PDIP Jabar sudah menyiapkan kader internal untuk dicalonkan sebagai wagub. Tapi, tak dirinci siapa sosoknya.

Dia hanya menyebut banyak kader yang berkualitas dan sedang dipetakan kekuatannya. “Tentunya saat ini DPP beserta tim yang telah ditugaskan, sudah mulai melakukan pemetaan, siapa kader internal PDIP di Jabar yang nanti akan disandingkan dengan calon gubernurnya,” ungkapnya.

 

Selain itu, PDIP Jabar juga sudah melakukan komunikasi awal terkait kerja sama dengan Partai Golkar Jabar untuk mengusung Ridwan Kamil. Namun, lobi tersebut masih diserahkan pada mekanisme tiap partai.

Ono menyebut belum jelas juga di mana Ridwan Kamil akan maju. "Di Golkar tentunya kan masih tarik menarik tuh. Kan Pak RK apakah ke DKI ataukah ke Jawa Barat,” ungkapnya.

“Tapi menurut Kang Ace (Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily) Golkar Jawa Barat itu tetap menginginkan Pak RK di Jawa Barat. Dengan mungkin hasil surveinya yang masih tertinggi," pungkas Ono.