Bagikan:

JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengaku bersama Maruarar Sirait (Ara) menggagas rekonsiliasi nasional antara pasangan calon presiden (capres) yang berlaga pada Pilpres 2024. Menurutnya, pertemuan antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sudah digagas dan harus segera dilakukan.

Hal itu diungkapkan pria yang akrab Bamsoet dalam acara Tribute to Bang Akbar Tandjung "Maestro Aktivis Indonesia" di Gedung Nusantara IV DPR/MPR, Senayan Jakarta Pusat, Minggu 19 Mei.

Politikus Golkar ini mengungkapkan forum diskusi nantinya mempertemukan semua kandidat Pilpres 2024, Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud.

"Saya bersama Mas Ara dan para pimpinan aktivis dari Forum Aktivis Nasional (FAN) sedang menyiapkan pertemuan gagasan rekonsiliasi nasional. Bagaimana kita mempertemukan dalam suatu forum diskusi yang hangat, bicara tentang bangsa dan negara antara 01, 02, dan 03 dalam waktu dekat ini," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu juga mendorong para aktivis nasional yang juga ikut menginisiasi forum rekonsiliasi nasional ini guna mensinkronisasikan sekaligus mengharmonisasi para tokoh-tokoh bangsa tersebut.

Sebab, tantangan dan masalah yang harus dihadapi Bangsa Indonesia ke depan bangsa ini sangat berat karena banyak hal yang mengganggu ekonomi kita dari gejolak geopolitik internasional.

Ditegaskan, pertemuan ini harus dilakukan untuk membicarakan berbagai masalah kebangsaan. Tentunya pembicaraan itu juga untuk menentukan bagaimana nasib bangsa Indonesia ke depannya.

“Dengan begitu kita semua perlu kekompakan, kegotongroyongan, dan saling memahami, saling mendukung satu sama lain antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan presiden hari ini Jokowi dengan presiden-presiden sebelumnya menjadi satu membangun bangsa dan negara ke depan," bebernya.