Bagikan:

MUNA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil terutama untuk menangani penyakit menonjol.

Hal itu disampaikan Presiden selepas meninjau pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin, 13 Mei.

"Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari (pusat) provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem," kata Jokowi dilansir ANTARA.

Guna meningkatkan pelayanan kesehatan tersebut, Presiden menyoroti perlunya menambah akses terhadap peralatan kesehatan modern secara merata hingga ke level puskesmas.

"Oleh sebab itu, sekarang Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mamogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan," ujarnya.

Presiden mengapresiasi keberadaan dokter spesialis di Muna yang mampu mengoperasikan berbagai peralatan kesehatan canggih.

"Saya melihat di sini baik. Gedungnya bagus, tata ruangnya bagus, bersih, saya kira itu yang harus semuanya menuju ke sana," kata Jokowi.

Di sela-sela kunjungan Presiden Jokowi, sejumlah warga setempat sempat menyampaikan kesan dan harapan perihal peningkatan layanan kesehatan di Muna.

 

La Ode Bariu misalnya, warga berusia 71 tahun itu menekankan fasilitas genset yang memadai di rumah sakit untk mendukung operasional saat listrik padam selain bersyukur bahwa Muna mendapat kunjunhan dari Presiden Jokowi.

"Baru dua presiden yang ke Muna, Gus Dur dengan Pak Jokowi," kata Bariu.

Nuryani, pasien lainnya, menyatakan rasa leganya bisa bertemu dengan Presiden dan merasakan manfaat dari program BPJS.

"Alhamdulillah Pak Jokowi sudah datang ke sini. Terima kasih atas kedatangan Pak Jokowi ke sini, senang sekali," ungkapnya.