Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian wilayah ibu kota provinsi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Minggu, 12 Mei.

Dikutip dari situs BMKG, ibu kota provinsi yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari ini yakni Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Sementara Kota Bandung diprakirakan hujan sedang, dengan suhu 19-27 derajat Celcius dan kelembapan 60-95.

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi pada siang hari ini di wilayah Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang, serta Kota Mamuju yang juga diprakirakan hujan disertai petir pada malam hari nanti.

Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi berawan, diantaranya Manado, Ternate, dan Palangkaraya.

Wilayah Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Kupang diprediksi cerah berawan.

Sedangkan Kota Tarakan diprediksi cerah dengan suhu 25-30 derajat Celcius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan dipicu akibat adanya intervensi bibit siklon tropis.

Menurut dia, tiga bibit siklon tropis; Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Selain itu, BMKG juga memprediksi pada hari ini hingga besok Senin 13 Mei, sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 6-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 68-25 knot. Kecepatan angin tertinggi berada di Laut Arafuru.