Kakorlantas Kerahkan 2.446 Personel Hingga Ratusan Kendaraan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polisi siap jaga World Water Forum (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengerahkan 2.446 personel terkait pengamanan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Ribuan personel itu merupakan bagian Operasi Puri Agung 2024 dan tergabung dalam Satgas Pamwalrolakir.

"Korlantas Polri akan mengerahkan 2.446 personel yang akan di-BKO-kan sebanyak 1.530 personel ke Polda Bali. Pada tanggal 10 Mei besok akan diberangkatkan serentak," ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Kamis, 9 Mei.

Tak hanya itu, Korlantas juga bakal mengirimkan 310 kendaraan roda dua maupun roda empat yang berenergi listrik serta fosil.

Khusus kendaraan listrik, nantinya akan digunakan untuk mengawal kepala negara atau yang mewakili.

"Polri juga akan bergabung dengan TNI untuk pengawalan Kepala Negara, setingkat Kepala Negara atau yang mewakili Kepala Negara kita akan BKO-kan ke Paspampres untuk pengamanan tamu-tamu VIP di bawah kendali operasi TNI. Untuk pengamanan VIP atau delegasi lain atau side event akan dikelola oleh Polri," sebut Aan.

Dalam pelaksanaan WWF nanti, Polri akan melaksanakan beberapa rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan seperti jalan yang mengarah ke GWK.

Diharapkan masyarakat Bali untuk ikut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan WWF dengan menyambut dan mengamankan seluruh rangkaian acara ini.

"Tentu keberhasilan acara ini banyak ditentukan oleh masyarakat Bali pada pelaksanaannya nanti. Karena Bali ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik sehingga para wisatawan dapat melaksanakan kegiatan seperti biasa, dan para delegasi juga bisa mengikuti kegiatan kenegaraannya. Mari kita dukung untuk kelancaran pelaksanaan KTT WWF ke-10 tahun 2024," kata Aan.

World Water Forum Ke-10 akan digelar di Bali pada 18 hingga 25 Mei 2024. Kegiatan itu akan membahas empat hal yakni konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.