Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut akan mendukung pemerintahan yang akan dipimpin Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Hal ini, kata Surya, juga disepakati oleh PKB usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar beserta pengurus partai.

"Yang pasti konsensus dan kesepakatan pemerintah memerlukan uluran tangan, memerlukan dukungan, karena situasi dan ancaman yang dihadapkan kepada kita sebagai suatu bangsa pada hari ini," ujar Surya di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 23 April.

Menurut Surya, permasalahan yang akan dihadapi Indonesia kelak diprediksi akan semakin kompleks. Prabowo-Gibran, menurutnya, perlu dukungan untuk meneruskan jalan pembangunan.

"Maka, mempertahankan dan tetap menjaga kondisi objektivitas stabilitas nasional kita itu adalah prioritas utama bagi NasDem maupun PKB," ungkap Surya.

Meski demikian, Surya menyebut NasDem dan PKB sebagai partai yang pernah berkoalisi mengusung capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tersebut belum memutuskan apakah akan bergabung dalam pemerintahan Prabowo atau berada di jalur oposisi.

Yang jelas, setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan sengketa Pilpres 2024, partai pengusung Anies-Muhaimin menerima kekalahannya.

"Pemerintahan baru yang memang dipimpin oleh Mas Prabowo dan Gibran harus bisa mendapatkan apresiasi, kesempatan untuk menjalankan roda administrasi pemerintahan. Tidak automaticly kami sudah memutuskan apakah kami berada dalam pemerintahan itu, ataupun juga kami berada di luar pemerintahan itu," urainya.

Diketahui, MK menolak permohonan Anies-Muhaimin dan juga Ganjar-Mahfud yang menuntut pembatalan hasil Pilpres 2024 dan menginginkan pemungutan suara ulang. Mahkamah menilai dalil yang diajukan pihak pemohon tidak berlandaskan hukum.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun menjadwalkan pengumuman penetapan Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April pukul 10.00 WIB. Prabowo dan Gibran dipastikan hadir dalam pengumumn penetapan tersebut.