Jasa Marga Catat 1,2 Juta Kendaraan Meninggalkan Jabotabek
PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat sebanyak 1.233.793 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek (foto: Dok. Jasa Marga)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat sebanyak 1.233.793 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga H-2 Hari Raya Idulfitri 1445H atau pada Rabu hingga Senin 8 April.

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat sebesar 51,48 persen jika dibandingkan lalin normal dari 814.473 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih tinggi sebesar 2,16 persen dari 1.207.698 kendaraan.

Senior Manager Representative Office PT Jasamarga Transjawa Tol, Amri Sanusi mengatakan,angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Ia menambahkan, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 725.017 kendaraan atau 58,76 persen menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 306.573 kendaraan menuju arah Barat (Merak), dan 202.203 kendaraan menuju arah Selatan (Puncak).

Jasa Marga, kata dia, juga turut mengimbau masyarakat yang masih akan melakukan perjalanan melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan, di antaranya memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

"Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit yaitu pada malam hari," ujar Amri dalam keterangan kepada media, Selasa 9 April.

Amri juga meminta masyarakat pengguna jalan tol untuk menggunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain.