ART Mudik Lebaran, Kebiasaan Jedar Berubah: Tertantang Bersihkan Rumah dan Bangun Pagi
Jessica Iskandar bersama Vincent Verhaag dan anak-anak (Instagram @inijedar)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag mengakui kalau beberapa asisten rumah tangga (ART) mereka akan melaksanakan mudik pada hari lebaran nanti. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pasangan yang menikah pada tahun 2021.

Pasalnya pasangan ini harus turun tangan mengurus rumah mereka sendiri setelah sebelumnya dibantu oleh ART mereka. Vincent mengaku kini mereka harus menyapu dan mengepel rumah mereka sendiri.

"Kebetulan, lebaran kali ini, ada dua yang stay. Jadi masih bisa ada yang balik. Yang pastinya kita akan nyapu sama ngepel. Pasti itu," kata Vincent Verhaag di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 5 April.

Bukan hanya Vincent, Jedar, panggilan akrab Jessica Iskandar juga mengatakan kalau selama ART mereka pergi, ia harus mulai belajar bangun pagi, di mana sebelumnya ia tidak terbiasa dengan hal itu.

"Biasanya sih itu kan aku di rumah bangun siang ya. Jadi nanti aku kayaknya harus mulai bangun pagi. Itu yang agak susah," sambung Jedar.

Meski begitu baik Jedar maupun Vincent bersyukur karena anak-anak mereka, khususnya El Barack tidak masalah dengan tidak adanya ART. Mereka melihat kalau putra mereka sudah bisa mandiri.

Jedar menuturkan kalau sedari kecil ia sudah mengajarkan putranya untuk menyapu, mengepel, hingga mencuci piring sehingga tidak masalah kalau harus ditinggal ART.

"Anak-anak juga udah kita ajarkan sih untuk mandiri jadi ya harus buang sampah pada tempatnya, ikut sapu, ngepel terus ya merapikan baju. Yang bisa mereka lakukan dari sejak dini ya kita ajarkan, kayak cuci piring gitu gitu," tambah Jedar.