Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Rabu 3 April. Prakirawan Rifat Darajat mengungkapkan kabar baik bagi pemudik Lebaran yang menggunakan moda angkutan kapal laut. BMKG menyatakan kondisi perairan di Indonesia kondusif.

Tinggi gelombang di perairan Tanah Air rata-rata berkisar 0,5 meter hingga 2,5 meter. “Namun ada potensi banjir rob di pesisir wilayah Jawa Tengah,” ungkap Rifat dalam siaran Info BMKG.

BMKG juga mengungkapkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Tanah Air. “Ada sirkulasi siklonik di sekitar Maluku bagian tenggara yang membentuk daerah konvergensi memang dari arah Laut Arafuru, Laut Banda, dan Papua,” kata Rifat.

Kondisi tersebut dinilai BMKG mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitar sirkulasi siklonik dan daerah yang tercakup konvergensi.

Suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 21 hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara 45 hingga 100 persen.