Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto tiba di Beijing pada 31 Maret lalu. Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Sumantha mengatakan jika pertemuan ini dalam rangka menemui Presiden China Xi Jinping.

Setibanya di China, Prabowo langsung disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mr Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Mr Lu Kang, dan Atase Pertahanan RI di Beijing Brigjen TNI Benny Poltak. Kemudian Prabowo menuju hotel The Peninsula Beijing dan disambut oleh Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun, Kabaranahan Kemhan, Kabainstranas Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan, dan Dirjen Renhan Kemhan.

Dan pada Senin sore waktu setempat, Prabowo akan melakukan pertemuan bilateral dengan Xi Jinping. Serta Selasa sore Prabowo dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun. Media China Global Times menulis adanya harapan besar dari kedua belah pihak untuk terus mempertahankan hubungan persahabatan.

Namun, mereka juga menuliskan jika para analis merasakan ada keraguan keberpihakan Indonesia atas rivalitas yang saat ini dilakukan China. Para analis melihat Indonesia akan bersikeras pada kebijakan non-blok dan memainkan peran yang lebih aktif dalam menangani isu-isu regional. Simak videonya berikut ini.