PPLP Tanjung Uban Kerahkan Sembilan Kapal Amankan Arus Mudik
Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepri menggelar upacara dalam rangka pengawasan dan pengamanan angkutan laut (ANTARA)

Bagikan:

TANJUNGPINANGAN - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) mengerahkan sembilan kapal negara (KN) dalam rangka pengawasan dan pengamanan angkutan laut pada arus mudik Lebaran 1445 Hijriah.

Kepala PPLP Tanjung Uban Sugeng Riyono mengatakan sembilan kapal patroli tersebut bersiaga melaksanakan tugasnya mulai tanggal 26 Maret hingga 26 April 2024.

"Hal ini berdasarkan surat tugas dari Kementerian Perhubungan Nomor: ST - PLP. TUB75 tahun 2024," kata Sugeng, di Bintan, Jumat.

Adapun sembilan kapal dimaksud, yaitu KN Kalimasadha P.115, KN Sarotama P.112, KN Rantos P.210, KN P.406, KN P.464, KN P.543, KN P.544, KN P.546, KN P.547, dan satu kapal RIB.

Posisi atau penempatan kapal tersebut berada di wilayah kerja PPLP Tanjung Uban, meliputi Pelabuhan Punggur, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Harbour Bay di Kota Batam.

Kemudian, di Pelabuhan SBP Kota Tanjungpinang, serta Pelabuhan Bulang Linggi dan Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Kabupaten Bintan

Sementara, khusus untuk KN Sarotama bertugas di perairan di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, lalu Dumai dan Belawan di Provinsi Riau.

"Jika keperluan mendesak, keberadaan kapal PPLP ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkut para penumpang selama arus mudik," ujar Sugeng pula.

Selain itu, kata Sugeng lagi, PPLP Tanjung Uban turut menerjunkan 120 personel untuk pengamanan posko mudik Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah di tiap-tiap pelabuhan angkutan penumpang.

"Kami bersama pihak-pihak terkait memastikan kegiatan arus mudik Lebaran/Idul Fitri tahun ini berjalan aman, nyaman dan lancar," demikian Sugeng.