Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo membuka Kongres XXIII PGRI Tahun 2024 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Sabtu, 2 Maret. Demi menghadiri acara PGRI pagi ini, Jokowi sampai menggeser acara Kongres Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

"Pagi hari ini, harusnya saya masih di Palembang, setelah hari Rabu saya ke Samarinda, terus Kamis ada di Bontang, Jumatnya masih di IKN, dan Sabtunya undangan ada dua, PGRI dan IMM," ujar Jokowi saat sambutan pada pembukaan Kongres XXIII PGRI 2024, Sabtu, 2 Maret.

"Saya sampaikan ke pak Mensesneg, 'pak, kalau dua waktunya bareng, kan nggak bisa, tolong sampaikan ke IMM maju ke Jumat malam' Alhamdulillah bisa," sambung Jokowi disambut tepuk tangan.

Sehingga, lanjut Jokowi, dirinya langsung bertolak dari IKN Nusantara naik helikopter ke Balikpapan untuk membuka kongres IMM tadi malam. Kepala negara mengatakan ia baru mendarat di Istana Bogor untuk beristirahat sekitar pukul 12.00 WIB.

"Pagi tadi, dari Bogor meluncur ke sini supaya bisa bertemu dengan bapak ibu guru," katanya.

Jokowi mengaku baru kali ini menghadiri acara yang sama dalam waktu berdekatan. Dia mengatakan, hal itu hanya demi para guru.

"Hanya dalam 3 bulan saya sudah dua kali datang ke acara PGRI. Pertama, di November 2023 di hari guru, kemudian pagi ini di kongres PGRI. Ini jarang sekali 3 bulan, tapi sekali lagi karena para guru yang mengundang saya tidak bisa menolak karena jasa guru sungguh besar untuk negeri ini," pungkasnya.