Mengenal Apa Itu Sistem Waiting Room KAI, Sistem Terbaru Terkait Pemesanan Tiket Kereta Api
Ilustrasi kereta api (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kabar baru datang dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Mereka menerapkan sistem Waiting Room dalam sistem pemesanan tiket kereta api di Tanah Air. Untuk lebih mengenal apa itu sistem waiting room KAI, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Sistem Waiting Room KAI

Dalam situs resmi PT KAI, waiting room adalah sistem antri online di aplikasi dan website pemesanan tiket kereta api resmi. Sederhananya, sistem waiting room adalah model antrean online yang diterapkan pada sistem pembelian tiket kereta api online, baik lewat aplikasi Access by KAI maupun lewat website booking.kai.id. Fungsi dari sistem ini adalah untuk menampung pembeli tiket kereta api yang saat trafik pemesanan tiket tinggi.

Fitur waiting room KAI akan membuat pemesanan tiket KA jadi lebih terorganisir. Selain itu, manfaat sistem waiting room KAI adalah agar website KAI dan aplikasi Access by KAI tetap dalam keadaan stabil, serta pemesanan tiket bisa lebih adil dan teratur.

KAI sendiri telah memberlakukan sistem antrean online pada pemesanan tiket KAI sejak Desember 2023. Bahkan di aplikasi Access by KAI dan website KAI sudah mulai diterapkan per 1 Februari 2024. Namun sistem waiting room hanya untuk pemesanan tiket KA-antar kota.

Cara Kerja Waiting Room Milik KAI

Seperti dijelaskan sebelumnya, sistem waiting room akan diterapkan ketika trafik pemesanan tiket kereta api tengah tinggi. Saat pelanggan memesan tiket kereta api baik lewat website booking.kai.id atau aplikasi Access by KAI, maka mereka akan otomatis masuk ke waiting room.

Ketika di waiting room, calon pembeli harus antre lebih dulu sebelum akhirnya mereka bisa masuk ke sistem pemesanan tiket KA secara online baik di website resmi atau aplikasi. Jumlah antrean sendiri tergantung seberapa banyak pengguna sedang online.

Calon pembeli akan masuk ke waiting room atau antrean ketika mereka sudah mengisi data rute perjalanan kereta api, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Pengalihan ke waiting room sendiri dilakukan secara otomatis dan disesuaikan berdasarkan urutan akses ke website KAI atau aplikasi Access by KAI.

Seluruh pengguna yang mengakses sistem pemesanan tiket di saat yang sama akan mendapat antrean berurutan. Namun saat calon pembeli tiket berhasil masuk ke waiting room, tidak ada jaminan bahwa mereka akan mendapat tiket. Sistem waiting room KAI berguna untuk menjaga agar proses pemesanan tiket secara umum tetap stabil.

Ketentuan Waiting Room KAI

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh calon pembeli tiket kereta api yang masuk ke dalam sistem waiting room KAI yakni sebagai berikut.

  1. Calon pembeli tiket KAI yang masuk ke waiting room lalu keluar sebelum tiba gilirannya, maka posisi antreannya hilang dan harus mulai dari awal. Disarankan untuk tetap standby menunggu hingga antreannya tiba tanpa beranjak
  2. Calon pembeli akan masuk ke halaman jadwal yang dicari setelah berhasil menunggu di waiting room KAI. Namun harus diperhatikan bahwa pemilihan jadwal KA hanya diberikan waktu selama 5 menit.
  3. Jika calon pembeli melebihi waktu 5 menit saat memilih jadwal KA, maka ia akan kembali masuk ke halaman waiting room.

Itulah informasi terkait apa itu sistem waiting room KAI. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.