PPLN Berlin Baru Terima 70 Persen Pemilih di Jerman dengan Metode Pos
Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Berlin, Jerman (dok PPLN Berlin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 70 persen surat suara dari 496 pemilih metode pos di Jerman telah mengembalikan dan telah diterima Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Berlin.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Berlin Roni Susman mengatakan dari ratusan pemilih itu, tercatat sudah 70 persen yang telah mengembalikan ke PPLN Berlin, Jerman.

Diketahui sistem metode Pos melakukan pengiriman sejak 2-11 Januari 2024 kemarin. Nantinya setelah pencoblosan dikembalikan ke PPLN untuk dimasukkan ke kota suara.

“Pemilih Pos 496. Sejauh ini sudah 70 persen yang mengembalikan surat suara ke PPLN (Jerman),” kata Roni saat dikonfirmasi VOI, Minggu, 11 Februari.

Roni menyebut untuk sisanya yang menggunakan metode Pos masih dapat diterima penghitungan suara hingga Rabu, 14 Februari 2024.

“Pemilu metode Pos harus tetap diterima PPLN sampai tanggal 14 (Februari) sebelum rapat penghitungan suara dimulai,” ucapnya.

Sementara itu, Roni juga menyebutkan secara keseluruhan ada sekitar 2 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengikuti pencoblosan dari 4.049 orang yang terdata di Jerman. Mereka yang tidak dapat hadir dikarenakan kondisi cuaca yang buruk.

“Dari 4.049 pemilih Pos hanya 2000 an yang hadir ke TPS karena cuaca sejak pagi hujan besar dan dingin,” ungkapnya.

Selanjutnya untuk proses penghitungan suara akan dilakukan pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Jam 8 pagi waktu Berlin kami mulai penghitungan (pukul 14.00 waktu Jakarta),” tutupnya.