Debat Cawapres Dimulai, Mampukah Gibran Menandingi Muhaimin dan Mahfud MD?
DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Debat cawapres dimulai. Bertemakan ekonomi hingga infrastruktur dan perkotaan, siapa bakal gemilang di panggung podium debat, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka atau Mahfud MD?

Para cawapres dalam debat kedua Pilres ini didampingi masing-masing capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Tapi aturan mainnya, capres hanya mendampingi cawapres, tak ikut terlibat berbicara dalam debat capres.

Debat cawapres dibuka Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Dalam sambutannya, Ketua KPU berharap debat cawapres dapat menjadi salah satu rujukan bagi pemilih untuk menentukan pilihannya pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Mari kita bersama-sama menyimak gagasan-gagasan, visi-misi, program masing-masing cawapres yang akan disampaikan kepada publik,," kata Hasyim, Jumat, 22 Desember.

"Kita berharap apa yang disampaikan nanti dapat mempengaruhi pilihan-pilihan," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya,  Muhaimin Iskandar mengakui cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka adalah lawan beratnya dalam debat kedua Pilpres 2024 khusus cawapres.

Sebab, tema debat cawapres disebut cocok dengan rekam jejak Gibran yang berlatar belakang pengusaha. Ditambah, Gibran juga menjabat sebagai kepala daerah.

"Kita tahu Mas Gibran punya jejak rekam pengusaha sukses, Mas Gibran juga punya pengalaman jadi wali kota yang berhasil. Tentu Mas gibran punya kekuatan yang harus kita juga hati-hati," kata Cak Imin kepada wartawan, Kamis, 21 Desember.

"Yang paling penting dari substansi debat adalah kita menyampaikan rencana dan gagasan, sehingga masyarakat mendukung gagasan," ujar Cak Imin.

Sementara itu, TPN Ganjar-Mahfud, menerangkan cawapres Mahfud telah menyiapkan program-program unggulan, khususnya dalam bidang pembangunan ekonomi yang bermanfaat bagi rakyat untuk dibagikan pada saat debat cawapres perdana.

“Fokus utama dari strategi Pak Mahfud Md dalam debat cawapres pada esok itu adalah bagaimana fokus untuk merebut hati rakyat, dengan menawarkan gagasan atau program ekonomi yang bukan hanya diinginkan dan dibutuhkan,” ujar Mirza Ahmad.

Dalam hal ini, pembangunan ekonomi yang ditawarkan oleh pasangan Ganjar-Mahfud disertai dengan pondasi dan kepastian hukum yang kuat.

Sedangkan Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengklaim Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka telah menguasai tema debat mengenai ekonomi, keuangan, hingga pengelolaan APBD. Menurutnya, tema-tema tersebut adalah makanan sehari-hari Gibran.

"Kalau kami sendiri tidak terlalu cemas karena kebetulan tema debatnya adalah tentang perpajakan, keuangan, ekonomi digital, investasi, APBN, APBD. Itu makanan sehari-harinya Mas Gibran, itu sarapan paginya Mas Gibran, itu makan siangnya Mas Gibran, itu makan malamnya Mas Gibran," ujar Budiman di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember.

"Jadi, saya kira cara kerja, cara berpikir yang jadi tema debat kedua atau cawapres ini sangat Gibran bangetlah temanya," tambahnya.

Direktur Juru Debat TKN Prabowo-Gibran ini menilai, putra sulung Presiden Jokowi itu punya pengalaman memimpin Kota Solo. Gibran, kata Budiman, akan membawa hasil kerjanya tersebut untuk dipaparkan secara nasional.

"Jadi, bagi kami, Mas Gibran punya pengalaman untuk itu, memang baru skala Solo. Tugas kami, dewan pakar, memberikan proyeksi nasional bahwa apa kinerjanya di Solo bisa diproyeksikan ke tingkat nasional," jelasnya.