Minggu, Sebagian Kota Besar Indonesia Cerah Berawan
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia mengalami cuaca cerah berawan hingga berawan pada Ahad atau Minggu (17/12).

Berdasarkan informasi resmi infoBMKG yang dikutip Antara, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Kota Bandar Lampung hingga Mataram dan Kupang, serta Gorontalo dan Manado.

Menurut pantauan per pulau, dari Pulau Sumatera, waspadai potensi hujan di Kota Banda Aceh dan Kota Medan, juga hujan yang disertai petir di Kota Tanjungpinang.

Sementara Kota Pekanbaru berpotensi hujan dengan intensitas sedang, dan Kota Padang berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Masih dari Pulau Sumatera, waspada potensi hujan yang disertai petir di Kota Jambi, Kota Pangkalpinang dan Kota Palembang. Kota Bengkulu umumnya berpotensi hujan ringan dan Kota Bandar Lampung cuaca berawan.

Berrlanjut ke Pulau Jawa, dari kota Serang, Jakarta ke Yogyakarta dan Surabaya umumnya cerah berawan hingga berawan, kecuali di kota Bandung berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Bergeser ke kepulauan Bali-Nusa Tenggara, secara umum Kota Denpasar, Mataram dan Kota Kupang diperkirakan cuaca cerah berawan hingga beawan tebal.

Berpindah ke Pulau Kalimantan waspadai potensi hujan yang disertai petir di Kota Tanjung Selor, Kota Samarinda, dan Kota Banjarmasin.

Kota Pontianak berpotensi hujan sedang, dan Kota Palangkaraya berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Dari Pulau Sulawesi, waspadai potensi hujan lebat di Kota Mamuju. Kota Makassar akan turun hujan dengan intensitas sedang, sementara Kota Palu berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Kota Gorontalo, Kota Manado dan Kendari umumnya cuaca cerah berawan hingga berawan tebal.

Di timur Indonesia, potensi hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Manokwari, Jayapura dan Ambon, sedangkan Kota Ternate umumnya cuaca berawan.

Adapun untuk sebagian DKI Jakarta diprakirakan cerah pada Minggu pagi. Sementara Kepulauan Seribu akan cerah berawan. Kemudian, dari siang hingga malam hari, seluruh DKI Jakarta akan cerah berawan.

Suhu udara di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 24 derajat hingga 34 derajat celcius.

Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran 40-90 persen.