Bagikan:

PIDIE - Ratusan pengungsi Rohingya kembali masuk perairan Aceh. Kali ini mereka mendarat di pesisir Pantai Gampong Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga, Pidie. Mereka tiba Minggu 10 Desember sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolsek Muara Tiga, Ipda Efendi membenarkan ada kapal yang mengangkut warga negara asing etnis Rohingya yang tiba pada dini hari tadi.  

"Jumlah mereka yang tiba ini 180 orang, menggunakan kapal nelayan buatan Myanmar," ujarnya dikutip ANTARA, Senin 11 Desember.

Efendi memerinci, pengungsi yang datang tersebut terdiri dari 53 orang laki-laki, 74 perempuan, 26 anak laki-laki, dan 27 anak perempuan.

Menurut penelusuran pihak kepolisian, kapal tersebut tidak mendarat di Gampong Blang Raya, melainkan di desa tetangga, yakni Gampong Tuha. Seusai mendarat, mereka berjalan kaki sekitar dua kilometer menuju pesisir Pantai Gampong Blang Raya. Para pengungsi ini ditemukan warga seusai subuh dan langsung dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Kuat dugaan titik koordinat labuh kapal sudah ditentukan, mengingat pesisir Pantai Gampong ini sudah pernah terdampar satu kapal Rohingya," tutur Efendi.

Selain di Pidie, pada hari yang sama juga ditemukan kapal lain yang mendarat di Gampong Blang Ulam, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Kapal ini mengangkut 135 orang pengungsi Rohingya.