Mensos Risma Kunker Ke Krayan, Salurkan Berbagai Bantuan
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

TARAKAN - Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Utara (kaltara). Mensos didampingi anggota Komisi VI DPR Deddy Yevri Hanteru Sitorus. 

"Selama dua hari Mensos dijadwalkan mengunjungi Kecamatan Krayan, Nunukan dan Sebatik. Ini sudah dijadwalkan lama. Ibu Risma akan memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Perbatasan Indonesia-Malaysia,” kata Deddy Sitorus, Kamis, 2 November.

Tiba dari Jakarta, Mensos Risma dan rombongan langsung terbang ke Bandara Yuvai Semaring Krayan, Kabupaten Nunukan menggunakan helikopter Kemudian menuju Long Layu, Kecamatan Malinau Selatan. 

"Di Long Layu kita  akan menyerahkan alat pembungkus garam, seragam sekolah, komputer dan sembako. Selesai dari Long Layu, Mensos akan terbang menuju Bandara Binuang. Disini akan diresmikan internet desa dan penyerahan sejumlah bantuan," ujar Deddy Sitorus.

Setelah itu rombongan kembali ke Bandara Yuvai Semaring untuk melakukan ground breaking SD 007 Liang Butan, Krayan Induk.

"Pembangunan sekolah ini sepenuhnya dibiayai Kementerian Sosial," jelasnya. 

Mensos Risma, lanjut Deddy Sitorus, didampingi sejumlah pejabat teras Kementerian Sosial meninjau lokasi pengolahan garam di Long Midang. 

“Kami mengajak Bu Risma ke perbatasan. Melihat kondisi disana dan berdialog dengan warga setempat,'' lanjut Deddy. 

Menjelang matahari terbenam, Risma akan menyaksikan penyalaan lampu PJUTS bantuan dari Kementerian Sosial. Penerang jalan bertenaga surya itu akan dipasang disejumlah tempat di Krayan. 

"Malamnya, bu Risma bakal dijamu masyarakat Krayan di Balai Pertemuan Umum," imbuhnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Krayan, Yakob Palung mengatakan, mantan Wali Kota Surabaya itu rencananya akan diberikan gelar kehormatan warga Lundayeh. 

“Kami bangga Ibu Risma memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Krayan. Kami sepakat warga Krayan sepakan akan menyematkan gelar kepada beliau,” ujar Yacub Palung yang juga menjabat anggota DPRD Provinsi Kaltara ini.

Sejumlah bantuan juga akan diserahkan Mensos Risma  Seperti di SD Francisco Yasinta, Asrama Santo Gabriel. 

Di Kecamatan Sebatik, Risma akan mengunjungi Pesantren Al Khairat dan memberikan bantuan alat pengering rumput laut. Kegiatan berakhir setelah penyalaan lampu PJUTS di Dermaga Mantikas.

Groundbreaking Sekolah

Mensos melakukan groundbreaking SD 007 Liang Butan, Krayan Induk, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Uniknya desain bangunan SD tersebut ternyata dibuat Mensos Tri Rismaharini.

“Saya ini arsitek yang kesasar jadi menteri. Inilah gedung SD yang saya disain sendiri. Sebenarnya untuk dua lantai, tapi kita lihat nanti apakah bahan bakunya ada,” ujar Risma.

"Renovasi gedung SD 007 ini menelan biaya 2,6 miliar rupiah. Saya meminta agar bangunan sekolah yang lama tidak dirobohkan," ujar Risma.

Rencananya, pembangunan ini meliputi tiga kelas dan satu laboratorium komputer. 

"Kita bertanggung jawab untuk menangani daerah terdepan, terpencil dan tertinggal seperti Krayan yang menjadi salah satu daerah masuk kategori terdepan karena berbatasan dengan Serawak, Malaysia," jelas Risma.

Sementara itu, anggota komisi VI DPR, Deddy Sitorus mengapresiasi bantuan yang diberikan mensos kepada warga perbatasan itu.

“Awalnya rencana pembangunan gedung SD ini untuk SD 006, tapi kita alihkan Nanti kita upayakan dilain waktu,” katanya.