Ganjar Sebut 3 Cawapres Bakal Bertemu Ma'ruf Amin Besok
Sebanyak tiga bakal capres Pilpres 2024 makan siang bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 Oktober. (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dikabarkan akan mengundang tiga bakal calon wakil presiden (cawapres), yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk bertemu.

Pertemuan ini menyusul kegiatan Presiden Joko Widodo yang mengundang para bakal calon presiden, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan makan siang bersama di Istana Merdeka pada hari ini.

"Kalau enggak salah, besok akan ada undangan cawapres akan bertemu dengan wapres. Nanti biar diatur," kata Ganjar usai makan bersama Jokowi di Istana, Jakarta, Senin, 30 Oktober.

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan kompak mengenakan batik parang berlengan panjang saat menerima undangan makan bersama Jokowi. Batik Prabowo dan Anies berwarna dominan cokelat muda, sementara Ganjar berwarna merah.

Batik parang berasal dari Jawa, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo. Batik tersebut dibuat oleh para pengrajin batik di daerah tersebut dan mulai populer pada abad ke-19.

Melansir laman Kemendikbudristek, motif batik parang memiliki makna filosofis pesan untuk tidak pernah menyerah. Sedangkan kontinuitas pada motif parang memberikan filosofi sebuah perjuangan yang tidak pernah putus.

Berbagai makanan dihidangkan Jokowi untuk disantap para bakal capres yang akan bersaing di Pemilu 2024. Di antaranya adalah nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk, dan jus jeruk.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal capres dan cawapres untuk Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Cak Imin diusung oleh Partai NasDem, PKB, PKS dan Partai Ummat. Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud diusung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura.