Menpora Dito Dampingi Presiden Jokowi Kukuhkan Paskibraka Tahun 2023
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional Tahun 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 15 Agustus sore.

Acara pengukuhan peserta Paskibraka tingkat pusat ini, dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara, Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, para anggota Paskibraka 2023 mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia yang dipandu oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. Kachina Ozora, Paskibraka putri asal Palangka Raya ditunjuk sebagai Pemimpin Upacara Pengukuhan Paskibraka ini.

Kemudian, Presiden Joko Widodo melanjutkan dengan penyampaian pernyataan pengukuhan Paskibraka Nasional tahun 2023.

"Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini, saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 2023. Semoga Tuhan memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara," kata Presiden Joko Widodo.

Usai memberikan pernyataan pengukuhan, Presiden Joko Widodo memberikan penyematan lencana kepada pemimpin upacara. Penyematan ini dilakukan secara simbolis sebagai tanda pengukuhan Paskibraka tingkat Nasional Tahun 2023.

Usai pengukuhan, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin diikuti Menpora Dito, Kepala BPIP dan para tamu undangan memberikan ucapan selamat, tampak Presiden berbincang dan sekilas memberikan arahan.

Turut hadir pada kesempatan ini, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sesmenpora Gunawan Suswantoro dan Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni'am Sholeh, serta para menteri dan tamu undangan lainnya.