Nadiem Minta Kepolisian Usut Kasus Kebakaran di Museum Nasional
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Datang ke Museum Nasional, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta kepolisian mengusut kasus kebakaran yang terjadi pada

Sabtu malam, 16 September.

"Tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata Nadiem, Minggu dini hari, 17 September.

Selain mengapresiasi petugas pemadam, Nadiem berpendapat bahwa api bisa saja merambat lebih luas ke gedung lain dan menghanguskan barang bersejarah lainnya. Namun beruntung api segera dipadamkan. Nadiem juga bersyukur tidak ada laporan korban jiwa maupun terluka pada insiden ini.

"Yang terpenting Alhamdulilah, tidak ada sama sekali dilaporkan ada korban luka maupun jiwa sampai saat ini," ucapnya.

Nadiem juga mengutarakan bahwa penyelamatan artefak dan benda-benda bersejarah menjadi prioritas utama saat ini.

"Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini," tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi untuk membuat tim gabungan antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian serta aparat pemadam kebakaran untuk memastikan pencatatan kerusakan benda-benda bersejarah tersebut.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Asril Rizal mengatakan korsleting listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi Museum Nasional menjadi pemicu kebakaran, tepatnya di Gedung Blok A yang menjadi ruang pameran koleksi museum.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyatakan bahwa petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi dengan cepat.

"Kebakaran terjadi di empat ruangan di Gedung A Museum Nasional dan pada pukul 22.00 WIB api sudah dinyatakan padam," kata Komarudin ditemui di Museum Nasional.

Komarudin menambahkan bahwa petugas mulai melakukan pendinginan sejak pukul 22.15 WIB.