Harap Siaga, Hingga 6 Februari Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di 5 Wilayah Ini
Permukiman yang terdampak banjir bandang di Kampung Gunung Mas, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) meminta lima daerah yang rawan bencana alam pada masa cuaca ekstrem saat ini untuk bersiaga. 

Surat peringatan dini telah disampaikan untuk kelima wilayah yaitu, Pemerintah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok. 

"Berdasarkan informasi dari BMKG di daerah itu berpotensi terjadi hujan yang cukup tinggi hingga 6 Februari nanti. Oleh sebab itu, kami sudah mengirim surat agar daerah itu siaga, mengantisipasi bencana hidrometeorologi," jelas Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar, Dani Ramdan di Bandung dilansir Antara, Kamis, 4 Februari. 

"Jadi tidak secara makro atau kepada seluruh masyarakat Jabar peringatan itu kami tujukan, tetapi hanya kepada pemerintah daerah yang dipandang berisiko tinggi. Namun tentunya kami tetap mengimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada, terutama yang melakukan perjalanan dan wisata," jelas Dani. 

Dani mengatakan bahwa BPBD juga sudah menyiagakan peralatan pendukung upaya penanggulangan dampak bencana.

"BPBD Jabar sudah berkoordinasi dengan daerah, terutama Dinas PU masing-masing, agar menyiagakan alat berat sampai bulan Mei nanti, termasuk kesiagaan di kawasan wisata alam," katanya.

Selain itu, ia menjelaskan, BPBD Jawa Barat sudah memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan mitigasi bencana bagi warga dan komunitas guna meningkatkan kesiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.