Polisi Sebut WNA yang Dijambret di Jalan Sudirman Adalah WN Asal Jepang
Foto pelaku jambret WN Jepang alami patah kaki di Sudirman setelah ditabrak mobil/ tangkap layar

Bagikan:

JAKARTA - Polsek Metro Tanah Abang membenarkan adanya aksi jambret yang menimpa seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang di kawasan Jalan Sudirman, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Patar Mula Bona mengatakan, video viral aksi penjambretan terhadap WNA tersebut bermula terjadi adanya kecelakaan lalu lintas pada hari Minggu, 20 Agustus.

Kemudian pihaknya melakukan penyelidikan dan terungkap bahwa korban kecelakaan lalu lintas itu merupakan pelaku jambret.

"Pelaku berinisial RF (29) warga Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Sedangkan korban berinisial KY, WN Jepang," kata Kompol Bona saat dikonfirmasi VOI, Kamis, 24 Agustus, malam.

Kompol Bona melanjutkan, peristiwa penjambretan bermula ketika korban tengah melakukan selfie bersama anaknya.

"Dia (korban) lagi habis jalan sama anak istrinya, kemudian selfie bersama anaknya. Motor (pelaku) ini mendekat dari belakang, kemudian dijambret," ujarnya.

Dalam aksinya, pelaku beraksi seorang diri. Kemudian saat tancap gas, kendaraan dia menabrak separator pembatas jalur kendaraan antara mobil dan sepeda.

"Jadi korban kan udah kita minta datang melalui kerjasama dengan pihak kedutaan besar. Kemudian kita koordinasi dengan pihak kedutaan, makanya kita cari kedutaan. Begitu sudah dapat, kita bawa dibawa ke sini, tapi dia tak mau buat laporan. Yang penting handphone dikembalikan," katanya.

Saat ini, pelaku masih dirawat di rumah sakit Tarakan atas luka yang dideritanya. Namun karena korban tidak membuat laporan polisi, Polsek Metro Tanah Abang tidak bisa melanjutkan proses hukum tersebut.

"Karena polisi melakukan penyelidikan dan penyidikan atas laporan polisi (LP), ketika ada sebuah laporan polisi," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah rekaman video pengendara motor diduga pelaku jambret terluka akibat ditabrak mobil mendadak viral di media sosial Instagram. Kejadian dilaporkan terjadi pada Minggu kemarin, 20 Agustus.

Dalam rekaman video amatir, terlihat seorang pria diduga pelaku jambret tergeletak di aspal dengan kaki kiri patah setelah ditabrak mobil di Jalan Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dari narasi unggahan tersebut, pelaku bersama seorang temannya menggunakan motor sempat melakukan aksi jambret terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang tengah melaksanakan kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman, Tanah Abang.